Pada Sebuah Mall Kenapa Food court Selalu Berada di Lantai Paling Atas? Ini Penyebabnya

Style —Senin, 22 Februari 2021 16:50 WIB
    Bagikan:  
Pada Sebuah Mall Kenapa Food court Selalu Berada di Lantai Paling Atas? Ini Penyebabnya
Food Court - Pinterest

POSKOTAJATIM

Selain menjadi pusat perbelanjaan, mall juga biasanya menawarkan berbagai fasiitas lain seperti wahana bermain untuk anak, salon kecatikan, bioskop, dan pusat kuliner.

Pada era modernitas seperti saat ini, kita pasti sudah taka sing atau bahkan sudah akrab dengan mall atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya. Mall biasanya jadi tempat yang pas untuk menikmati akhir pekan atau liburan singkat.  

Tapi sadarakah Anda, jika hampir di setiap mall, posisi atau tata letak sebuah food court selalu berada di lantai paling atas. Tata letak itu bukan tanpa alasan, dan berikut ini adalah 4 alasan kenapa food court selalu berada di lantai paling atas pada sebuah mall.

BACA JUGA: Lille Jonathan Ikone Pertahankan Puncak Klasemen Setelah Kalahkan FC Lorient Dengan Skor 4-1

[page-pagination]

Makanan Adalah Komoditi yang Paling Dicari di Mall

Berdasarkan penelitian dari berbagai sumber, makanan dan minuman adalah kategori produk yang paling dicari di mall. Oleh karena menjadi produk yang paling dicari, para peneliti sektor bisnis mengatakan bahwa itulah sebab kenapa food court sengaja di taruh paling atas.

Fungsinya agar ketika orang-orang ingin makan, mereka diharuskan untuk melewati toko-toko lainnya sehingga mampu lebih menaikan penjualan di kategori produk-produk lainnya.

Kalau pun mereka langsung menuju food court dengan menggunakan lift, mereka juga akan melewati toko-toko lain ketika selesai makan. Tapi faktanya tingkat penggunaan lift diketahui tidak setinggi eskalator, karena kebanyakan orang malas harus menunggu dan antri jika ingin menggunakan lift.

BACA JUGA: Pendaftaran SNMPTN 2021 Akan DItutup 2 Hari Lagi, Berikut Cara Pendaftaran Online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi

[page-pagination]

Mencegah Distraksi

Menurut ilmu perilaku manusia, makanan bisa menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu fokus pikiran kita. Jadi bila food court ditempatkan di lantai bawah mall bersama beriringan  dengan outlet lainnya, orang-orang akan terdistraksi dan tak bisa berkonsentrasi untuk berbelanja produk lainnya, dengan begitu akan menurunkan intensitas belanja para pengunjung.

Itulah sebabnya kenapa food court diletakan di paling atas, agar tidak mengganggu fokus orang-orang ketika berbelanja, sehingga penjualan outlet produk lainnya pun tidak terganggu. 

Saluran Pembuangan Lebih Mudah

Bicara soal Food court pasti tak lepas dari kegiatan masak memasak, dan sudah pasti akan menghasilkan asap hasil dari proses memasak. Dan sistem pembuangan asap itu akan lebih mudah dibuang keluar ketika diletakkan di lantai paling atas. Karena jika pembuangan asap yang terlalu rendah dikhawatirkan bisa mengganggu lingkungan sekitar. Tapi ada juga beberapa tempat makan di lantai rendah atau bawah tanah.

Tapi biasanya tempat makan yang terletak di lantai rendah atau bawah tanah biasanya ditempatkan merapat dengan lahan parkiran untuk mempermudah pembuangan asapnya. Maka dari itu pasti ada diantara kita yang pernah tertiup exhaust fan berhawa panas yang berbau makanan ketika berjalan di lahan parkiran mall.

Menjaring Konsumen yang Hanya Sekedar Jalan-jalan

Ada sebagian pengunjung mall yang hanya berniat ingin lihat-lihat dan jalan-jalan saja di sana. Dengan aktivitas jalan-jalan mereka dan banyak toko yang dikunjungi, pasti mereka akan menuju ke lantai paling atas. Jika sudah begitu, tujuan akhir jalan-jalan mereka adalah food court. Dan akhir dari sebuah jalan-jalan adalah rasa cape, haus, dan lapar.

Dan kalau sudah begitu food court adalah satu-satunya tempat yang paling tepat untuk beristirahat menghilangkan cape, lalu kemudian makan dan minum untuk melpasa dahaga dan menghilangkan rasa lapar. (ES)

BACA JUGA: 

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait