Malas Berolahraga? Jalan-Jalan di Sore Hari Solusi Terbaik Untuk Kesehatan

Health —Minggu, 21 Februari 2021 17:59 WIB
    Bagikan:  
Malas Berolahraga? Jalan-Jalan di Sore Hari Solusi Terbaik Untuk Kesehatan
Jalan Sore - Poskota Jabar

POSKOTAJATIM

Jika Anda malas untuk melakukan olahraga yang berat, maka jalan kaki pada pagi dan sore hari adalah solusi terbaiknya. Jalan kaki memang tergolong olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, jalan kaki juga termasuk kedalam olahraga yang ekonomis, sebab tidak memerlukan biaya atau alat berlebihan untuk melakukannya.

Meski termasuk olahraga yang mudah dan murah, ternyata dengan rajin jalan kaki, kita aakn mendapat banyak manfaat jika rutin melakukannya. Olahraga jalan kaki tak hanya baik dilakukan pada pagi hari, namun sore hari kita bisa melakukan olahrag ringan ini. Dan berikut ini Poskota Jabar akan merangkum beberapa manfaat jika kita rajin dan rutin berjalan kaki, minimal 10-30 menit sehari.

Relaksasi Pikiran dan Tubuh

Setelah menjalani kesibukan seharian, jalan kaki ringan di hari yang bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih santai. Pikiran yang sudah penat dengan beragam rutinitas harian yang tak jarang membuat tubuh juga menjadi Lelah, akan berubah menjadi lebih segar seteah Anda melakukan jalan sore.

BACA JUGA: Merasa Kurang Percaya Diri? Berikut 5 Tips Agar Kamu Lebih Percaya Diri

[page-pagination]

Mengurangi Stres

Berjalan setidaknya 10 menit dapat menenangkan pikiran, sekaligus mengusir pikiran negatif dan stres dari kepala Anda. Ini akan membuat Anda bisa berpikir jernih untuk aktivitas esok hari. Menurut  Anxiety and Depression Association of America , berjalan kaki selama 10 menit mungkin sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal hal yang dapat dikatakan dan depresi. Lalu, dengan bergerak, kadar kortisol (hormon stres) bisa menurun. Berbagai pikiran di pikiran pun dapat mereda.

Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak 

Tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk memperbaiki tenaga menghadapi kesibukan esok hari. Jalan sakit bisa membantu kualitas tidur Anda, karena ketika jalan sakit, tubuh rileks, pikiran bebas stres.  Rutin jalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Penelitian menunjukan, bila konsisten berjalan kaki setiap hari setidaknya 10.000 langkah, jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik. Selain itu, peneliti dari Universitas South Australia mengemukakan adanya hubungan dua arah. Bila istirahatnya berkualitas, seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Kalau sudah aktif secara fisik, akan cenderung merasa capek dan tidur pun lebih nyenyak.  

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan berjalan kaki, Anda dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki yang kurang dari 5.000 langkah setiap harinya menandakan gaya hidup sedenter. Sedangkan, dengan berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, dapat menyalakan sistem pembakaran yang akhirnya bisa menurunkan berat badan. Diperkirakan, dengan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg.

BACA JUGA:  Saksikan Drama Korea Vincenzo Episode 1, Kedatangan Vincenzo ke Korea Selatan dari Itali

[page-pagination]

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung secara keseluruhan juga mengikuti jika konsisten jalan kaki. Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen.

Manfaat ini sungguh baik, bahkan bila Anda berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang-orang yang berjalan lebih, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau tidak, menikmati perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar.

Selian itu berjalan kurang lebih selama 30 menit pada hari yang sakit, adalah salah satu solusi mudah untuk mengisi aktifitas makan berat. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat lainnya berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar  gula darah Anda tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh. (ES)

BACA JUGA:  

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait