Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Percaya Bekerja Ke Luar Negeri Penghasilannya Lebih Menguntungkan

News —Sabtu, 20 Februari 2021 13:24 WIB
Editor: Tania
    Bagikan:  
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Percaya Bekerja Ke Luar Negeri Penghasilannya Lebih Menguntungkan
TKI
POSKOTAJATIM, PANGANDARAN. 
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) percaya bekerja ke luar negeri lebih menguntungkan daripada di dalam negeri. Meskipun banyak tantangan berat bisa terjadi saat bekerja di luar negeri.

Kepala Seksi Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran, Suparman mengatakan, mereka yang jadi TKI biasanya karena tuntutan ekonomi, karena gaji kerja diluar Negeri cukup besar.

"Para TKI di luar negeri rata-rata setiap bulan berpenghasilan Rp7 juta, angka tersebut menjadi ketertarikan yang lain ikut menjadi Tenaga Kerja Indonesia," ujarnya kepada POSKOTAJABAR, Sabtu (20/02/2021) pagi. 

[page-pagination]


Selain faktor ekonomi, kata dia, sulit dapat kerja di Indonesia juga menjadi penyebab dan membuat mereka nekat jadi TKI di beberapa negara. 

"Faktor yang membuat sulitnya orang Indonesia dapat kerja di sini, lantaran rendahnya tingkat pendidikan, kesehatan, dan kemampuan. Semua kesulitan tersebut yang membuat mereka nekat jadi TKI, baik secara resmi atau ilegal," katanya.

Menurut dia, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja ke luar negeri dari Pangandaran rata-rata berlatarbelakang pendidikan rendah. "Mayoritas TKI tersebut lulusan SD, SMP hingga SMA sederajat, sedangkan yang lulusan D3 atau S1 jarang yang menjadi TKI. Dan kebanyakan yang menjadi TKI perempuan dengan usia yang relatif," tuturnya.


Sejak kondisi Pandemi Covid-19 pemberangkatan TKI dari Pangandaran ke luar Negeri mengalami penurunan. Pada tahun 2019 ada 218 warga Pangandaran yang menjadi TKI ke luar Negeri, sementara pada tahun 2020 hanya 23 orang. (dry)

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait