Berikut 5 Tips Agar Mata Tetap Sehat, Saat Memainkan Gadget

Health —Sabtu, 20 Februari 2021 10:40 WIB
    Bagikan:  
Berikut 5 Tips Agar Mata Tetap Sehat, Saat Memainkan Gadget
Unsplash

POSKOTAJATIM

Di jaman yang serba digital seperti saat ini, kita pasti tak akan terpisahnkan dari yang namanya gadget seperti ponsel, laptop, komputer, atau tablet. Semuanya itu mungkin tak bisa lepas dari genggaman kita. Karena semua aktivitas seperti pekerjaan sekarang sudah terintegrasi kepada benda-benda tersebut.

Namun, perlu diperhatikan jika terlalu lama menatap layar gadget, itu dapat memicu gangguan pada mata Anda. Penggunaan atau menatap layar terlalu lama bisa menyebabkan beberapa hal seperti mata kering, tidak nyaman, pegal, dan penglihatan kabur (entah jarak jauh ataupun jarak pendek). Untuk menghindari gangguan pada penglihatan akibat terlalu lama berhadapan dengan radiasi dari layar barang elektronik tersebut, kali ini Poskota Jabar akan berbagi tipsnya untuk anda.

BACA JUGA : Ikatan Cinta Malam Ini, Mama Rossa Tanyakan Pembunuhan Roy, Aldebaran Ungkap Ini

Jaga Jarak Pandang

Jarak pandang yang ideal ketika menggunakan gadget adalah antara 30-40 cm dari mata. Hal ini sama dengan jarak pandang saat membaca buku. Dengan menjaga jarak pandang antara mata terhadap layar gadget, ini akan mengurangi risiko gangguan pada mata Anda. Bagi Anda yang menggunakan kacamata, sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata sesuai dengan ukuran masing-masing agar jarak ideal tetap bisa diterapkan.

Atur Pencahayaan Layar Gadget

Cahaya yang dihasilkan komputer atau gadget yang terlalu terang dapat memberi dampak buruk pada mata Anda. Pilihan alternatifnya adalah menggunakan filter layar saat bekerja. Jika tidak, Anda juga harus menyesuaikan tata pencahayaan layar gadhet dan ruangan agar mata tidak mudah tegang dan lelah.

BACA JUGA : Dikabarkan Nissa Syaban dan Ayus Syaban Sudah Menikah Siri 2 Tahun yang Lalu

[page-pagination]

Istirahatkan Mata Secara Berkala

Dengan mengistirahatkan mata secara berkala, dampak buruk yang dapat terjadi pada mata Anda dapat dimimalisir. Anda pun bisa menerapkan aturan 20-20-20, yang artinya beristirahat setiap 20 menit dengan memandangi objek berjarak 20 meter selama 20 detik. Dengan begitu, mata Anda akan menjadi lebih rileks.

Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Dengan menghindari penggunaan gadget sebelum tidur, itu dapat menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, disebutkan juga cahaya biru yang terpancar dapat memengaruhi siklus bangun dan tidur alami tubuh. Seseorang yang terlalu banyak terpapar cahaya tersebut akan sulit untuk tidur. Pastikan untuk membatasi waktu penggunaan alat elektronik setidaknya satu hingga dua jam sebelum tidur.

BACA JUGA : Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ditegur KPI, Karena Tampilkan Adegan Dewasa

Usahakan Mata Tetap Lembab

Menjaga kelembapan mata sangat penting untuk selalu dilakukan, karena mata yang kering dapat berdampak buruk. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan mata adalah dengan selalu melumasinya dengan tetes mata ketika terasa kering. Pendingin ruangan di kantor juga dapat memberi dampak ini, maka selalu siapkan pelumas mata kapan dan di mana pun.

Itulah tadi beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan agar dapat menjaga kesehatan mata dari bahaya penggunaan gadget sehari-hari. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka gangguan pada mata akan yang terminimalisir. Karena mata adalah salah satu organ terpenting pada tubuh kita. Agar lebih terjaga, bila perlu Anda bisa melakukan pemeriksaan mata rutin tahunan. (ES)

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait