Keutamaan dan Keistimewaan Do’a Nurbuat atau Nurbuwwah, Doa Cahaya dari Nabi

Pendidikan —Minggu, 14 Februari 2021 08:37 WIB
    Bagikan:  
Keutamaan dan Keistimewaan Do’a Nurbuat atau Nurbuwwah, Doa Cahaya dari Nabi
Al-Quran - Foto by Poskota Jabar

POSKOTAJATIM


Doa Nurbuat adalah doa Nurun Nubuwah yang berarti cahaya kenabian. Ada banyak keutamaan yang disapatkan ketika membaca doa ini

Bacaan dari Do’a Nurbuat adalah sebagi berikut

 

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

 

 “Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.


BACA JUGA : Sevilla Menangi Barcelona Dengan Skor 2-0, Di leg pertama semifinal Copa del Rey


Artinya :

“Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

,

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Al Quran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Alquran  suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Berikut ini adalah keutamaan dan keistimewaan jika kita membaca do’a Nurbuat ini

BACA JUGA : Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta, Minggu 14 Februari 2021, Al dan Andin Bersatu, Angga Menghapus Email Roy yang Dikirimkan Pada Elsa

[page-pagination]

BACA JUGA : Berikut Ini Doa untuk Melupakan Mantan

  1. Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa ingin berjumpa para nabi, maka bacakan 100 kali doa ini, kemudian tidur, insya Allah akan bermimpi bertemu para nabi, dan barang siapa yang rajin mengamalkan doa ini, maka orang yang memandangnya akan merasa kasih sayang , dan jika kamu ingin dimuliakan, bacalah doa ini.”
  2. Diberi ampunan karena malikat – malaikat Allah akan memohon ampunan atas dosa – dosa kita pada Allah SWT
  3. Dikabulkan hajatnya – Doa ini juga mengandung kalimat meminta dikabulkan hajatnya. Maka ketika sampai pada kalimat “wa aqdhi khajadi” hendaknya memberi jeda untuk meminta hajat pada Allah dengan khusyu

BACA JUGA : Artis Aurelia Hermansyah dan Atta Halilintar Akan Menikah 21 Maret 2021

,

  1. Diberi kekayaan dan harta yang melimpah bagi mereka yang membaca do’a ini secara teratur dan bersungguh – sungguh mengarap ridha dariNya
  2. Doa Nurbuat juga bisa menghilangkan kita dari pengaruh sihir dan dari hal hal yang berhubungan dengan jin dan sihir
  3. Diangkat derajatnya di dunia – Jika ingin mempunyai kedudukan yang tinggi di dunia, maka perbanyaklah membaca doa ini.
  1. Selain itu do’a Nurbuat ini juga bisa untuk menundukan binatang
  2. Menjadikan wajah tampak lebih cerah jika membacanya dengan istiqomah – Amalan-amalan yang dilakukan secara istiqomah pasti dapat membuat wajah kita terpancar cerah. Itu adalah karena hati kita dibersihkan oleh amalan-amalan istiqomah tersebut. Apalagi doa ini adalah doa nurun nubuwwah yang mana artinya adalah cahaya kenabian.
  3. Ditunjukkan kebenaran – Doa ini juga mengandung kata untuk ditunjukkan pada kebenaran dan kebatilan pasti akan musnah. Maka doa ini menuntun kita untuk menjauhi hal yang bathil pula.
  1. Kemudian Do.a Nurbuat juga bisa untuk menyembuhkan orang sakit dan mempermudah proses kelahiran

Itulah beberapa keutamaan Jika kita membaca doa Nurbuat, tentu saja semua itu juga atas Ridha Allah SWT , selain berdo’a dan berusaha tentunya kita juga harus menyerahkan diri kepada Allah SWT .-res

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait