Advertisement

Raja Malaysia Umumkan Darurat Nasional Covid-19, Beberapa Negara Bagian Akan di Lockdown

News —Rabu, 13 Januari 2021 14:36 WIB
    Bagikan:  
Raja Malaysia Umumkan Darurat Nasional Covid-19, Beberapa Negara Bagian Akan di Lockdown
(foto:bloomberg)

POSKOTAJATIM, KUALA LUMPUR.

Raja Malaysia Umumkan Darurat Nasional Covid-19, Beberapa Negara Bagian Akan di Lockdown - Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah mengumumkan situasi darurat nasional hingga 1 Agustus mendatang sebagai langkah proaktif untuk pencegahan pandemi Covid-19.

Raja Malaysia Umumkan Darurat Nasional Covid-19, Beberapa Negara Bagian Akan di Lockdown - Dilansir dari The Star, keputusan tersebut telah disetujui oleh Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah usai bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin pada Senin (10/1/2021) WIB.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Divaksin, Berikut Efek Samping Vaksin Sinovac Mulai dari Nyeri sampai Diare, Benarkah?

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan kuat menghadapi keadaan darurat ini dan perintah pengendalian gerakan demi keselamatan dan kepentingan kita sendiri," kata Datuk Ahmad Fadil Syamsuddin sebagai Pengawas Keluarga Istana Negara dalam sebuah pernyataan hari ini, Selasa (12/1/2021).

 

BACA JUGA : Sebanyak 3.300 Personel Dikerahkan Membantu Pencarian dan Evakuasi Sriwijaya Air SJ-182 pada Hari ke-5

Daerah Malaysia yang di MCO (Lockdown)

Sebelumnya pada Senin (11/1/2021), Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin, mengumumkan bahwa enam negara bagian akan ditempatkan di bawah perintah pengendalian gerakan (MCO) atau kerap disebut sebagai lockdown (penguncian) terhitung mulai Rabu (13/1/2021) besok.

Dalam pidatonya pada Senin (11/1/2021), Muhyiddin mengatakan beberapa daerah Malaysia yang akan di MCO (lockdown) meliputi, Johor, Melaka, Selangor, Penang, Sabah dan Wilayah Federal Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan hingga 26 Januari mendatang.

BACA JUGA : Kronologis Penemuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 Oleh Tim Gabungan, Panglima TNI Buka Suara

Lebih lanjut Muhyiddin menambahkan bahwa MCO pemulihan akan diberlakukan di Perlis dan sebagian besar Sarawak.

Dia juga mengatakan bahwa tiga distrik di Sarawak --Kuching, Miri dan Sibu - serta Pahang, Perak, Negri Sembilan, Kedah, Terengganu dan Kelantan akan berada di bawah MCO secara  bersyarat.

 

BACA JUGA : Ada 9 Keluarga Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang Belum Serahkan Sampel DNA

 

Kasus Baru Covid-19

Pada Senin (11/1/2021) Malaysia telah mencatat sekitar 2.232 kasus baru infeksi virus Covid-19, sehingga total keseluruhan di negara itu kini menjadi 138.224 kasus.

4 orang juga tewas pada hari tersebut karena infeksi virus Covid-19, sehingga meningkatkan jumlah kematian Covid-19 di Malaysia menjadi 555 kematian. (dwa)

Editor: Tania
    Bagikan:  

Berita Terkait