Santo Blasius, Orang Kudus Gereja Katolik Pelindung dari Semua Penyakit Tenggorokan

Senin, 6 Februari 2023 12:32 WIB

Share
(Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)
(Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Sore itu, hari Jumat tanggal 03 Februari 2023 di Gereja Katolik Paroki Sakramen Maha Kudus Surabaya, secara bertahap dan tertib terlihat ratusan umat Katolik yang datang untuk mengikuti Perayaan Misa Kudus, padahal hari itu adalah Jumat yang merupakan hari kerja bukan Minggu.

Selidik punya selidik ternyata bagi umat Katolik, setiap Jumat pertama awal bulan , secara tradisi dan dilakukan secara turun temurun, Gereja Katolik se Dunia mem-posisikan hari itu sebagai layaknya hari Minggu dan Hari Besar Katolik lainnya.

Yang menjadi hari Jumat kemarin lebih istimewa adalah hari itu bertepatan dengan Hari Raya Santo Blasius, Santo Pelindung dari Wilayah I Paroki Gereja Sakramen Maha Kudus.

Yaaa betul, sore itu sebagian besar umat Katolik Wilayah I merayakan hari Kelahiran Santo Pelindung mereka, yang dirayakan dalam sebuah Misa Syukur, berbarengan dengan Misa Jumat Pertama.
Adapun Misa Kudus dipersembahkan oleh Romo RD Antonius Tri Budi Utomo atau akrab dipanggil dengan nama RD Didik.

Adapun Blasius sendiri adalah seorang Uskup di Sebaste, di wilayah Armenia, Asia Kecil, Asia.

Blasius juga dikenal sebagai seorang ahli Fisika dan seorang gembala yang baik hati. Pada waktu itu dimasa pemerintahan Kaisar Licinius, Dia ditangkap dan dipenjarakan karena tidak mau meninggalkan Iman Katolik nya, dan kemudian pada tahun 316, Blasius dijatuhi hukuman mati, dengan dipenggal kepala-nya.

Romo RD Antonius Tri Budi Utomo (Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)


Menurut cerita rakyat pada saat itu, dalam perjalanan menuju tempat menerima hukuman mati tersebut, Blasius berhasil menyelamatkan seorang anak laki-laki dari kematian karena tulang ikan yang tersangkut pada tenggorokannya.

Doa dan berkat Santo Blasius melepaskan anak itu dari bahaya kematian.

Doa dan berkat Santo Blasius ini-lah yang terus dilestarikan oleh Gereja Katolik hingga saat ini.

Setiap tanggal 3 Februari, diperingati Pesta nama Santo Blasius, dimana umat Katolik menghadiri misa Kudus untuk menerima berkat Santo Blasius dari imam-imamnya.

Berkat yang diberikan oleh Iman dengan cara menyilangkan sepasang lilin yang sudah diberkati, dan disertai doa sebagai berikut: Semoga Allah karena perantaraan Santo Blasius, Uskup dan Martir, membebaskan Dikau dari penderitaan tenggorokan dan dari kemalangan lainnya. Atas nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Selamat pesta nama Santo Blasius bagi umat Wilayah I Gereja Sakramen Maha Kudus Pagesangan Surabaya. (Bowo)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler