Kreator Youtube Shorts Mulai Bulan Bisa dapat Uang dari Iklan

Sabtu, 4 Februari 2023 17:04 WIB

Share
Ilustrasi Youtube Shorts
Ilustrasi Youtube Shorts

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Semenjak tahun lalu, Google sudah berencana untuk menjadikan YouTube Shorts sebagai ladang penghasilan  bagi kreator di platform mereka. Sedikit flashback, YouTube sempat memberikan gaji bulanan bagi kreator video Shorts lewat program ‘Shorts Fund’.

Namun, program ini tidak membuat kreator puas, gaji dari program ini dianggap masih rendah. Sebagai gantinya, YouTube menghadirkan iklan dalam konten YouTube Shorts dan program Shorts Fund pun diberhentikan.

Setelah satu tahun menunggu, per 1 Februari 2023 kemarin, YouTube resmi mengumumkan kalau kreator sudah bisa memonetisasi konten Shorts mereka.

“Mulai 1 Februari 2023, kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP) mulai bisa memonetisasi penayangan konten Shorts mereka dengan cara membagi hasil iklan Shorts,” tulis YouTube dalam laman Google.

Syarat untuk mendapatkan cuan dari iklan YouTube Shorts ini adalah dengan mendaftarkan diri di YouTube Partner Program (YPP) dan menyetujui bagian Shorts Monetization Module.

Iklan nantinya akan muncul di antara video Shorts dalam menu Shorts Feed, bukan di dalam video Shorts seperti adsense di video YouTube yang biasa.

Untuk syarat-syaratnya, kreator yang bisa mendapatkan iklan dari konten Shorts harus memiliki setidaknya 10 juta view Shorts dalam kurun waktu 90 hari, atau setidaknya memiliki 1000 subscriber.

Karena skemanya berupa bagi hasil, pendapatan iklan yang muncul dalam Shorts di suatu wilayah akan diakumulasikan dan dikumpulkan lebih dulu setiap bulannya sebelum dikirim ke kreator.

Pendapatan iklan ini akan dipotong biaya lisensi musik (jika menggunakan musik) dan kreator akan mendapat sekitar 45 persen pendapatan yang didistribusikan berdasarkan total penayangan.

Untuk mengetahui lebih lengkap soal bagi hasil di YouTube Shorts ini, kalian bisa membuka laman dari Google Support.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler