Putin Siapkan 500.000 Tentara untuk Serangan Besar Baru ke Ukraina

Kamis, 2 Februari 2023 16:43 WIB

Share
Tentara siap tempur/Ilustrasi/IST
Tentara siap tempur/Ilustrasi/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Vladimir Putin telah mengerahkan hampir 500.000 tentara untuk menyerang Ukraina dalam serangan baru yang menandai peringatan satu tahun perang Ukraina, kata menteri pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov.

Putin telah meminta 300.000 pria Rusia untuk didaftarkan dalam mobilisasi umum pada bulan September, tetapi Reznikov mengatakan kepada jaringan BFM Prancis tadi malam bahwa jumlah sebenarnya wajib militer yang dikerahkan untuk berperang di Ukraina bisa lebih banyak.

Volodymyr Zelensky lebih lanjut menegaskan klaim ini dan mengatakan bahwa Ukraina melihat "peningkatan tertentu dalam tindakan ofensif penjajah di depan - di timur negara kita."

Situasinya semakin parah, katanya dalam pidato malamnya kemarin.

Pasukan Rusia kini telah mengepung kota Bakhmut, Ukraina timur yang diperangi, klaim seorang pemimpin yang didukung Moskow di wilayah Donetsk.

Bakhmut dan desa-desa di pendekatan selatannya di Donetsk kembali diserang Rusia, kata panglima militer Ukraina pada Selasa malam.

“Secara resmi mereka mengumumkan 300.000 tetapi ketika kami melihat pasukan di perbatasan, menurut penilaian kami jumlahnya jauh lebih banyak,” katanya kepada jaringan BFM Prancis.

Moskow dapat "mencoba sesuatu" untuk menandai tahun pertama invasi pada 24 Februari, menteri menambahkan, menunjukkan babak baru yang suram dalam perang yang berkelanjutan.

Namun, dia menambahkan bahwa komandan dan pasukan Ukraina akan bergerak untuk “menstabilkan front dan bersiap untuk serangan balasan” menjelang kemajuan Rusia yang diantisipasi.

Reznikov mengatakan dia "percaya bahwa tahun 2023 dapat menjadi tahun kemenangan militer", dan bahwa pasukan Ukraina "tidak dapat kehilangan inisiatif" yang telah mereka peroleh dalam beberapa bulan terakhir.**

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler