Leopard 2 Ditakuti Putin karena Lincah, Sementara Tank Rusia Hanya Bisa Bergerak Maju

Rabu, 25 Januari 2023 15:02 WIB

Share
Tank Jerman Leopard 2 diyakini jadi kekuatan pemukul untuk lawan Rusia
Tank Jerman Leopard 2 diyakini jadi kekuatan pemukul untuk lawan Rusia

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Majalah berita Jerman Der Spiegel dan lainnya menerbitkan cerita pada Selasa malam yang mengatakan bahwa pemerintah di Berlin telah memutuskan untuk mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina.

Ini mengikuti perdebatan panjang tentang masalah ini di antara sekutu NATO, dan terjadi setelah Polandia secara resmi meminta izin kepada Berlin untuk mengirim beberapa tank Leopard 2 ke Ukraina pada Selasa pagi.

Majalah Spiegel melaporkan bahwa keputusan tersebut akan melibatkan pengiriman setidaknya satu kompi tank Leopard 2A6.

Spiegel mengaitkan informasinya dengan sumber-sumber pemerintah tetapi tidak mengidentifikasinya. Penyiar ntv mengeluarkan laporan serupa, dan kantor berita dpa kemudian mengatakan "sumber koalisi" mengatakan hal yang sama. Tetapi pemerintah tidak segera mengomentari laporan tersebut.

Peralatan militer buatan Jerman hanya bisa dikirim ke negara ketiga dengan persetujuan dari Berlin. Spiegel melaporkan bahwa negara Eropa lainnya, termasuk beberapa di Skandinavia, juga akan memasok tank mereka ke Kyiv.

Tank Terbaik di Dunia

Krauss-Maffei Wegmann dari Jerman, produsen Leopard 2, menyebutnya sebagai "tank tempur terkemuka di dunia" yang selama hampir setengah abad telah menggabungkan aspek daya tembak, perlindungan, kecepatan, dan kemampuan manuver, membuatnya dapat beradaptasi dengan berbagai jenis pertempuran. situasi.

Tank seberat 55 ton ini memiliki empat awak dan jangkauan sekitar 500 kilometer (310 mil), dan kecepatan tertinggi sekitar 68 kilometer per jam (sekitar 42 mph). Sekarang dengan empat varian utama, versi paling awal pertama kali digunakan pada tahun 1979. Senjata utamanya adalah smooth bore gun 120mm, dan memiliki sistem kontrol tembakan digital penuh.

Satu daya tarik besar dari tank buatan Jerman adalah jumlahnya yang banyak: Lebih dari 2.000 telah dikerahkan di lebih dari selusin negara Eropa dan Kanada. Secara keseluruhan, Krauss-Maffei Wegmann mengatakan lebih dari 3.500 unit telah dipasok ke 19 negara.

Rheinmetall AG, kontraktor pertahanan Jerman yang membuat meriam smoothbore 120mm di Leopard 2, mengatakan bahwa tank tersebut telah dikerahkan oleh “lebih banyak negara daripada negara lain”.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler