Perkuat Jejaring Inklusif, KND-RI Tandatangani MOU Dengan Lemhanas

Senin, 16 Januari 2023 08:23 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND-RI) Dr. Dante Rigmalia, M.Pd. menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) dalam upaya mengarusutamakan isu disabilitas di Indonesia.

“Mengarusutamakan isu disabilitas di era persaingan global yang sangat kompetitif, menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan ketahanan bangsa dengan kemajemukan seperti Indonesia," kata Dante Rigmalia dalam keterangan pers yang diterima media, Senin 16 Januari 2023

Menurut perempuan yang juga sebagai penyandang disabilitas ganda (HOH dan Dislegsia) itu, garis besar MOU ini bertujuan untuk menjamin keterlibatan seluruh ragam disabilitas dalam pembangunan multi sektoral dan meningkatkan wawasan kebangsaan. 

Dante Rigmalia juga menyatakan, untuk mengurai dan menemukan solusi permasalahan penyandang disabilitas, harus melibatkan peran dari banyak pihak. 

“Ini adalah upaya dan komitmen kami untukmembangun jejaring yang inklusif. Karena persoalan penyandang disabilitas kini tidak hanya berada di satu kementerian," ujarnya 

"Namun sudah harus menjadi tanggungjawab Bersama dengan lintas Lembaga dan kementerian," jelasnya

Lebih lanjut Dante Rigmalia juga menjelaskan, jika tujuh komisioner KND-RI terdiri dari unsur disabilitas dan non-disabilitas, Hal ini merupakan wujud dari keberagaman inklusifitas yang juga harus diwujudkan dimanapun termasuk lembaga negara, kementerian, perguruan tinggi, dan sector swasta. 

 

 

Sebelumnya, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan 21 institusi di Ruang Dwi Warna Purwa Lemhannas RI, Kamis (12/1/2023).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler