Misi Berat di Kandang Angker

Minggu, 8 Januari 2023 18:55 WIB

Share
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersama striker Dendy Sulistyawan, Minggu (8/1/2023). foto: pssi.org
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersama striker Dendy Sulistyawan, Minggu (8/1/2023). foto: pssi.org

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Timnas RI akan menjalani duel di Leg 2 semifinal Piala AFF melawan tuan rumah Vietnam, Senin (9/1/2023) besok di Hanoi.

Di duel 'hidup-mati' ini, Timnas RI hanya butuh hasil imbang, setelah kedua tim main imbang 0-0 di Leg 1 di Jakarta, 6 Januari 2023 lalu di Jakarta.

Jika di Leg 2 ini Timnas RI bisa memaksa Vietnam imbang dengan skor 1-1, 2-2, 3-3 atau 4-4 maka RI lolos ke Final. Mengapa demikian? Ini karena mencetak gol di kandang lawan punya nilai lebih dan dianggap tim yang lebih produktif.

Namun jika imbang lagi 0-0 maka ada babak perpanjangan waktu 2x15 menit dan adu penalti jika kedua tim tetap imbang 0-0.

Pertanyaannya, mampukah Timnas RI menahan imbang atau bahkan menang di 'kandang angker' Vietnam yang dikenal selalu menang jika main di kandangnya? Bukti terkini, Malaysia dilibas 3-0 oleh Vietnam di Hanoi saat penyisihan Grup B.

Bagi Timnas RI, bisa menahan tuan rumah Vietnam di Leg 2 besok tentu prestasi yang baik. Namun, Vietnam tentu tidak mau hasil imbang.

Meraka tentu akan memburu kemenangan karena itulah satu-satunya jalan untuk meraih tiket final Piala AFF.

Apalagi, Vietnam kini adalah 'raja' Asia Tenggara (ASEAN). Mereka menempati peringkat pertama di ASEAN, disusul Thailand urutan 2, Filipina (3), Malaysia (4) dan Timnas RI (5).

Diprediksi, di duel besok, Vietnam bakal langsung main agresif, langsung menerapkan permainan menyerang ke pertahanan Timnas RI.

Untuk mementahkan permainan agresif Vietnam, ada baiknya Timnas RI memperkokoh pertahanan, dengan mengincar serangan balik cepat.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler