Universitas Negeri Malang Bersama UMT Malaysia Menggelar International Conference BESS 2022

Selasa, 20 Desember 2022 19:25 WIB

Share
Internasional Conference BESS 2022 yang diselenggarakan UM dan UMT secara daring (Foto/Dok: Anita Nur UM)
Internasional Conference BESS 2022 yang diselenggarakan UM dan UMT secara daring (Foto/Dok: Anita Nur UM)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Saat ini Target Pembangunan Berkelanjutan menjadi tujuan dalam setiap program di berbagai sector. Universitas Negeri Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri berupaya dalam meraih tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Departemen Ekonomi Pembangunan turut serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan melalui bidang Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan Berkelanjutan melalui International Conference melalui penyelenggaraan Join International Conference Business, Economic, and Sustainability Science (BESS) 2022.

Kegiatan Bertaraf International ini diselenggarankan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2022.

Dalam keterangan tertulisnya, Anita Nur salah satu panitia (13/10/22) kepada media menyatakan bahwa Kegiatan ini diselenggarakan atas Kerjasama  Departemen Ekonomi Pembangunan dengan Facultas Ekonomi, Bisnis dan Pembangunan Sosial Universiti Malaysia Terengganu (UMT) Malaysia.

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Transformation and Strategy for Economics, Business and Environment with Smart Growth, Productive Employment and Decent Work to Achieve Sustainable Welfare.

Tema ini mengacu pada capaian Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional, sementara tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait dengan ilmu ekonomi dan bisnis serta kependidikan dan untuk ketua  panitia kegiatan yaitu, Magistyo Purboyo Priambodo, S.E., M.E. Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang

Sesi seminar internasional kegiatan ini mengundang lima pakar sebagai pembicara utama yang berasal dari berbagai negara yaitu Indonesia, Taiwan, Jepang, Malaysia dan Portugal.

Pembicara utama tersebut adalah Prof. Imam Mukhlis dari Universitas Negeri Malang Indonesia, Prof. Wen-Chi Huang, Ph.D. dari National Pingtung University of Science and Technology Taiwan, Prof. Curtis Beaverford dari Graduate School of Education Tamagawa University Jepang, Assoc. Prof. Mónica Alexandra Vilar Ribeiro de Meireles dari University Institute of Lisbon Portugal dan Dr. Zikri Muhammad from Universiti Malaysia Terengganu Malaysia.

Konferensi ini juga memberi kesempatan kepada para akademisi dan peneliti untuk mempresentasikan hasil kajian dan berbagi informasi dalam sesi presentasi paralel, yang dipandu oleh Dosen dari UMT.

Konferensi internasional BESS 2022  secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan 1 FEB UM, Dr. Agus Hermawan, M.Buss. berlangsung tertib dan lancar, dengan peserta lebih dari 300 orang yang mengikuti sesi seminar secara daring yang dibagi menjadi 2 hari.

Dimana pada hari pertama yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Moe Shwe Sin dari UMT yang memandu acara dan mendampingi para keynote speaker. Prof. Imam Mukhlis, yang menyampaikan tentang Sustaianable Welfare for Rural Development sebagai upaya untuk membangun kemandirian desa.

Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Wen-Chi Huang yang menjelaskan tentang Smart Farming for Sustainability, yang menjelaskan tentang perpaduan teknologi digital untuk menunjang pertanian.

Sementara untuk Pemateri ketiga, Prof. Curtis Beaverford menyampaikan tentang Sustainable Education for Future dimana dia menjelaskan tentang pemanfaatan teknologi informasi digital untuk proses belajar mengajar agar lebih inklusif dan efektif.

Sedangkan pada hari kedua, moderator kegiatan seminar dipandu oleh Dr Mahirah Kamaludin dengan pembicara utama Dr Zikri Muhammad dan Assoc Prof. Monica Mireles, dimana pada sesi itu pembicara utama menyampaikan Workplace Green Behavior dilanjutkan dengan Insight for Green Sustainable Production.

Para peserta kegiatan juga berkesempatan melakukan diskusi dan pertanyaan kepada pembicara utama, sehingga acara berjalan dengan dinamis. Presentasi oleh para penulis artikel juga telah dilakukan dalam sesi parallel yang dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidang masing-masing. Hasil dari penulisan artikel para presenter akan diterbitkan di Sciendo sebagai proses akhirnya.

Sebagai penutup acara, MC kegiatan yaitu Lustina Fajar P. M.Ec.Dev. menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Konferensi Internasional BESS 2022 ini.

"Semoga penyelenggaraan kegiatan ini mampu memberi manfaat bagi para peserta konferensi serta berkontribusi dalam dunia akademik dan ilmu pegetahuan," ungkapnya  (Hermin)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler