Stop Menggunakan Aluminium Foil untuk Makanan, Risikonya Mematikan

Sabtu, 3 Desember 2022 20:19 WIB

Share
Aluminium foil termasuk logam berat yang harus dihindari/IST
Aluminium foil termasuk logam berat yang harus dihindari/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Aluminium foil adalah barang dapur yang sangat familiar karena sudah ada sejak lama. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan barang ramah ini sebenarnya menempatkan Anda pada risiko kesehatan jangka panjang yang serius?

Anda harus menyadari bahwa aluminium dianggap sebagai logam berat neurotoksik yang, seperti yang ditunjukkan oleh bukti bertahun-tahun, terkait dengan penyakit Alzheimer.

Paparan apa pun terhadap logam ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental Anda — khususnya, koordinasi, keseimbangan, dan ingatan Anda dipertaruhkan.

Setelah Anda mengumpulkan cukup banyak di tubuh Anda untuk dianggap “diracuni” darinya, kerusakan yang terjadi pada Anda adalah … permanen. Seperti pada pasien Alzheimer, Anda mungkin mengalami kesenjangan dalam ingatan yang membuat Anda tidak dapat merasakan hidup sepenuhnya.

Kemampuan mental Anda bukanlah satu-satunya hal yang diakibatkan oleh aluminium.

Secara fisik, tulang Anda juga rentan terhadapnya. Aluminium memakan ruang di tulang Anda yang dapat digunakan oleh kalsium. Jika Anda memikirkannya, ini berarti kalsium dan mineral penting lainnya hilang. Anda pasti lebih cenderung mudah patah tulang saat jatuh, dan umumnya lebih rapuh.

Paru-paru Anda berisiko di sini. Saat Anda memasak dengan aluminium, Anda akhirnya menghirup partikel aluminium.

Studi demi studi menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab atas masalah pernapasan, seperti fibrosis paru. Bahkan jika Anda memanggang di luar, keberadaan aluminium foil di dekat sumber panas dapat menyebabkan hasil yang merugikan ini. Paru-paru Anda kemungkinan besar akan hancur… sedikit demi sedikit.

Pastikan juga Anda tidak menelan (memakan) potongan aluminium foil secara tidak sengaja. Sepotong kecil foil dapat dikunyah saat Anda makan makanan yang dibungkus dengannya, tetapi kemungkinan besar juga partikel aluminium kecil akan merembes ke dalam makanan saat Anda memasak makanan yang dibungkus dengan foil pada suhu tinggi.

Menggunakan lemon membuat ini lebih buruk, jadi jika Anda benar-benar harus menggunakan aluminium foil, pastikan Anda setidaknya tidak menggunakan lemon dalam resepnya juga.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar