AHY Diundang Pemerintah Australia Untuk Perkuat Hubungan Bilaterlal

Selasa, 29 November 2022 20:44 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diundang pemerintah Australia, guna menemui sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia di Canberra, Senin (28/11/2022).

Pada kesempatan tersebut  AHY juga menjalankan “people to people diplomacy” dengan menemui para akademisi terkemuka di kampus-kampus besar di Australia, hingga sejumlah tokoh yang paling  berpengaruh di Australia, termasuk bersilaturahmi dengan tokoh dan masyarakat Indonesia di luar negeri, diaspora dan pelajar. 

“Kunjungan saya kali ini untuk memenuhi undangan pemerintah Australia. Dulu, terakhir saya ke Australia menjalankan misi kerja sama militer. Kali ini, saya kembali memperkuat relasi bilateral Indonesia-Australia untuk mengokohkan fondasi perdamaian dan stabilitas kawasan di Indo-Pasifik,” kata AHY yang juga alumnus Kennedy School of Government, Harvard University tersebut. 

****Pilihan editor

 

Di Canberra, AHY bertemu dan berdiskusi dengan Gubernur Jenderal David J. Hurley, selaku simbol perwakilan Raja Inggris,  berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Australia Penny Wong, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Richarf Marles, Menteri Industri dan Science Ed Husic, dan sejumlah senator ternama dari Partai Buruh dan juga Partai Liberal.


 “Ada banyak isu-isu fundamental yang kami diskusikan, untuk pembangunan ekonomi, demokrasi dan juga meningkatkan hubungan bilateral AusIndo, seperti yang dulu dilakukan oleh Presiden SBY,” ujar pria kelahiran Bandung tersebut. 

 

 

AHY menekankan, ia menyampaikan sejumlah isu pokok di berbagai forum tersebut, seperti pada tataran global, AHY menyoroti multilateralisme yang bermasalah, juga rivalitas AS dan China di kawasan Indo-Pasifik. 

Halaman
Editor: Jayadi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar