Tragedi Kanjuruhan Begini Nasib Irjen Nico Afinta, 10 Anggota Polisi Nonaktif

Selasa, 4 Oktober 2022 19:10 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Kericuhan seusai laga Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, menjadi tragedi yang menggemparkan dunia, sebab tragedi tersebut telah menewaskan 133 (versi Posko Postmortem Crisis Center), memperlihatkan betapa mengerikannya suasana saat itu.

Terkait peristiwa tersebut, Polri telah menonaktifkan sejumlah anggota polisi, ada 10 anggota polisi yang sudah dinonaktifkan buntut kerusuhan Stadion Kanjuruhan tersebut, yakni;

1. Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat
2. Komandan Batalyon AKBP Agus Waluyo
3. Komandan Kompi AKP HAsdadarmawan
4. Komandan Peleton Aiptu Solikin
5. Komandan Peleton Aiptu M Samsul
6. Komandan Peleton Aiptu Ari Dwinanto
7. Komandan Kompi AKP Untung Sudjadi
8. Komandan Kompi AKP Danang Sasongko P
9. Komandan Peleton AKP Nanang Pitrianto
10. Komandan Peleton Aiptu Budi Purnanto

Namun dari berbagai elemen masyarakat, muncul desakan agar Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta dicopot dari jabatannya karena dinilai bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan, Malang.

Mabes Polri akhirnya angkat bicara terkait desakan pencopotan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta terkait tragedi yang menewaskan ratusan orang.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan tim investigasi bekerja berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan.

"Tim investigasi yang dibentuk oleh Pak Kapolri ini bekerja berdasarkan fakta hukum. Kita tentunya tidak berandai-andai." kata Dedi.

Sedangkan keputusan pencopotan Kapolda Jatim juga merupakan wewenang penuh dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Dan tentunya keputusan nanti (pencopotan) ada di Bapak Kapolri," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (4/10).

"Jadi kita tidak berandai-andai. Saya menyampaikan update dari hasil tim sidik, propam, itsus, itu saja yang bisa saya sampaikan," imbuhnya.

Halaman
Editor: Jayadi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler