Kepala BPN Gresik Pimpin Langsung Validasi Pengajuan HGU Lahan Mangga Seluas 292.660 m2

Selasa, 4 Oktober 2022 10:06 WIB

Share
Kepala BPN Gresik Dr Asep Heri (pegang mic) saat memimpin rapat validasi dengan pemohon HGU. (Foto: Istimewa)
Kepala BPN Gresik Dr Asep Heri (pegang mic) saat memimpin rapat validasi dengan pemohon HGU. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Gresik akan mempercepat izin investasi maupun pengajuan permohonan lainnya, sepanjang prosedurnya sesuai aturan dan membawa kemaslahatan.

"Pemkab Gresik selalu mensupport segala hal positif, selama sesuai aturan yang ada. Kami pastikan mempercepat perizinan segala usaha yang ada di Gresik," ujar Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah menindaklanjuti permohonan Hak Guna Usaha (HGU) lahan  PT Galasari Gunung Sejahtera.

Sebelumnya Badan Pertahanan Nasional (BPN) Gresik mengundang seluruh pihak terkait saat sidang panitia pemeriksaan tanah seluas 292.660 m2, berada di Desa Sumurber dan Desa Surowiti Kecamatan Panceng, milik PT Galasari Gunung Sejahtera, Senin (3/10).

Rapat ini bertujuan untuk pemeriksaan lapangan dan sidang dokumen tanah B, yang nantinya akan dipergunakan PT Galasari Gunung Sejahtera sebagai lahan pertanian holtikultura dengan komoditas utamanya mangga jenis chokanan, garifta, dan arumanis, dengan menggandeng petani holtikultura.

Tanah ini  tercatat atas nama PT Galasari Gunung Swadaya, yang sekarang menjadi PT. Galasari Gunung Sejahtera. Namun hak atas tanah tersebut, telah berakhir pada 20 Desember 2013 lalu.

Kepala BPN Gresik Dr Asep Heri yang memimpin langsung sidang panitia pemeriksaan tanah, mengatakan ini sebagai bentuk validasi untuk permohonan HGU yang diajukan PT Galasari Gunung Sejahtera.

"Salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penerbitan sertifikat atau permohonan hak, adalah penelitian data fisik dan yuridis, perijinan yang dimiliki, sebagai dasar apakah permohonan dari PT. Galasari ini bisa diterima atau ditolak," ujar Asep.(san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar