Elektabilitas Puan Maharani Keok Melawan Ganjar Dalam Survey SMRC, Begini Angkanya Jika Tanpa Puan Atau Dengan Ganjar

Jumat, 30 September 2022 14:24 WIB

Share
Ilustrasi Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. foto: ig @dukungcalonmu
Ilustrasi Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. foto: ig @dukungcalonmu

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Persaingan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani di tubuh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) semakin meruncing.

Meskipun elektabilitas Ganjar Pranowo berdasarkan hasil survey berada di papan atas, rupanya bukan berarti PDI Perjuangan bakal mengusung Ganjar dalam pencapresan 2024 mendatang.

Namun selain Ganjar Pranowo, seperti Puan Maharani yang saat ini menduduki bangku Ketua DPR-RI juga memiliki peluang besar dalam pencapresan 2024 mendatang.

Politisi PDIP Masinton Pasaribu menyebut setiap hasil survei hanya bisa memotret apa yang terjadi kekinian.

Menurutnya, survei belum bis mengukur apa yang akan terjadi di masa depan.

"Survei itu kan salah satu metode, survei itu bukan satu-satunya indikator untuk mengambil keputusan," kata Masinton kepada wartawan di kutip suara.com di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Bahkan Masinton mengaku partainya ogah ambil pusing terhadap adanya survei tersebut.

Pasalnya Masinton menilai survei bukan jadi satu-satunya indikator dalam mengambil keputusan soal pencapresan PDIP.

Seperti kita ketahuoi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut bahwa jika PDIP mengusung Puan Maharani maka tidak akan meningkatkan suara atau elektabilitas partai.

Lebih lanjut, ia menegaskan, memang dalam beberapa kesempatan hasil survei kerap digunakan dalam mempertimbangkan keputusan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar