Pasukan Katak Rusia Tersangka Utama Pelaku Sabotase Pipa Gas Nord Stream 2 di Laut Baltik

Rabu, 28 September 2022 21:29 WIB

Share
Pasukan dilepas dari kapal selam/IST
Pasukan dilepas dari kapal selam/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Pasukan khusus RUSIA adalah salah satu tersangka utama dalam serangan terhadap jaringan pipa Nord Stream yang telah memicu bencana di Laut Baltik.

Rezim Vladimir Putin dikhawatirkan telah menyerang jalur gas utama dalam upaya untuk terus memicu perang energi dengan Eropa di tengah ketegangan atas Ukraina.

Di balik serangan itu bisa jadi ada apa yang disebut komando pasukan khusus "Manusia Katak" - yang bekerja untuk Angkatan Laut Rusia dan mata-mata Putin, GRU, yang berada di balik keracunan Salisbury pada 2018.

Dikhawatirkan Rusia bisa menggunakan penyelam laut dalam atau kapal selam drone untuk memicu ledakan besar yang meniup dua lubang di Nord Stream 1 dan satu lubang di Nord Stream 2.

Setara dengan SAS Putin, pasukan Spetsnaz memiliki reputasi bersenjata lengkap, sangat terlatih, dan kejam.

Dan apa yang disebut "Manusia Katak" dengan pakaian selam serba hitam dan senjata bawah air yang khas dispesialisasikan untuk melakukan operasi di kedalaman.

Komando di unit dilatih untuk siluman dan sabotase - dengan berbagai alat yang mereka miliki untuk melakukan operasi.

Pasukan memiliki akses ke kapal selam cebol, torpedo berawak, senjata khusus, kapal cepat dan bahkan lumba-lumba terlatih.

Biasanya dikerahkan dari kapal perang, kapal kecil atau kapal selam - mereka menangani operasi bawah laut yang paling rahasia.

Eropa yakin serangan Nord Stream adalah tindakan sabotase - dan baik Polandia maupun Ukraina telah menuding Rusia.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar