5 Kiper Legenaris Pemenang Piala Dunia (4): Gianluigi Buffon

Senin, 26 September 2022 20:24 WIB

Share
Gianluigi Buffon/IST
Gianluigi Buffon/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Gianluigi Buffon memainkan sebagian besar karir klubnya di tim Juventus yang sangat sukses. Faktanya, Buffon memenangkan lebih dari dua puluh trofi dan memecahkan rekor 974 menit berturut-turut tanpa kebobolan satu gol pun untuk tim Juventusnya (mengalahkan rekor lama Dino Zoff).

Buffon mendapatkan caps pertamanya untuk tim nasional Italia pada usia di bawah 20 tahun sebagai pengganti cedera rekan setimnya dan kiper Nomor 1, Gianluca Pagliuca.

Pada usia 21, Buffon mengklaim posisi penjaga gawang teratas sebagai miliknya dan dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai yang terbaik di dunia - ditunjukkan setahun sebelumnya ketika Juventus mengamankan jasanya dengan rekor €52 juta.

Biaya transfer adalah jumlah uang yang mengejutkan pada saat itu untuk kiper muda. Namun, selama karir yang berlangsung lebih dari 20 tahun, dan dengan lebih dari 1000 penampilan senior, 670 untuk Juventus, sebagian besar akan menyatakan biaya yang murah.

Rekor internasionalnya sama mengesankannya, dengan 175 caps untuk negaranya yang paling banyak ia kumpulkan untuk pemain sepak bola Eropa mana pun.

Puncak penampilannya adalah Final Piala Dunia 2006 di mana Italia yang gigih mengalahkan tim Prancis yang lebih berbakat di tanah mereka sendiri. Kontribusi Buffon untuk kemenangan termasuk penyelamatan fantastis melawan Zinadene Zidan di perpanjangan waktu.

Mengumpulkan pengalaman seperti itu di usia yang begitu muda selalu akan membantu Buffon menjadi pemain yang tenang di bawah tekanan.

Pada usia pertengahan 20-an, pengalaman dan ketenangan Buffon, kemampuannya dalam menghentikan tembakan, dan sifat memerintah serta karakternya yang kuat menjadikannya pilihan ideal untuk menjadi kapten negaranya.

Keterampilan-keterampilan inilah yang juga memungkinkannya untuk memiliki karir yang luar biasa begitu lama. Bahkan di usia empat puluhan, Buffon terus mengabdi untuk negaranya dan Juventus.**

Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar