Besok Jarak Jupiter Paling Dekat dengan Bumi, Binokular Dapat Melihat Empat Satelitnya

Minggu, 25 September 2022 21:16 WIB

Share
Planet raksasa Jupiter/IST
Planet raksasa Jupiter/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Jupiter planet terbesar di Tata Surya dengan margin yang cukup besar, tetapi jaraknya yang sangat jauh dari Bumi membuat kita jarang melihatnya dengan mata telanjang.

Namun, menurut NASA, visibilitas Jupiter akan segera menjadi yang terbaik dalam hampir 60 tahun.

Badan antariksa Amerika mengatakan planet gas itu akan mengorbit dalam jarak 367 juta mil dari Bumi Senin 26 September2022 - yang paling dekat sejak 1963.

Ini secara signifikan lebih dekat daripada 600 juta mil atau lebih yang biasanya memisahkan dua planet unik yang indah dan berwarna-warni.

Planet itu juga cukup mudah dikenali di langit malam, berkat posisi matahari pada saat melintas paling dekat dengan Bumi.

Sebagai astrofisikawan penelitian NASA Marshall Space Flight Center, Adam Kobelski menyatakan: "Di luar Bulan, itu harus menjadi salah satu (jika bukan) objek paling terang di langit malam."

Alasan untuk ini berkisar pada fakta bahwa matahari akan terbenam di barat pada saat yang sama dengan Yupiter terbit di langit timur - yang berarti mereka akan 'berlawanan'.

Oleh karena itu, semua calon astronom harus melihat ke arah ufuk timur pada Senin malam, di mana Jupiter yang terang dan relatif terlihat seharusnya berada di langit.

Semuanya baik-baik saja, akan memungkinkan bagi orang untuk melihat Jupiter dengan mata telanjang selama waktu itu; meskipun, seperti yang dikatakan Dr Kobelski, teropong akan memungkinkan untuk melihat lebih detail.

Dia menambahkan: "Dengan teropong yang bagus, pita (setidaknya pita pusat) dan tiga atau empat satelit Galilea (bulan) harus terlihat."

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler