Pertalite Baru Boros Bukan Karena RON, Diduga Penyebabnya Ini

Sabtu, 24 September 2022 17:50 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Terkait ramainya warganet yang mengeluhkan mengenai Pertalite yang menjadi lebih boros Ahli Bahan Bakar dan Pembakaran Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto, menyampaikan bahwa kecil kemungkinan oktan Pertalite diturunkan.

Sebab bila oktan diturunkan akan cepat dirasakan oleh kendaraan. Selain itu, menurutnya Pertamina saat ini sudah di-upgrade untuk menghasilkan RON tinggi.

Sehingga, seandainya menurunkan RON maka harus membeli nafta dengan RON rendah, padahal di pasaran saat ini sudah tidak ada.

“Rasanya nggak mungkin, karena malah nambah cost kalau nurunin RON,” ujarnya.

Berikut ini analisa Tri, jika ada pendapat Pertalite lebih boros dari biasanya bukan karena nominalnya yang karena harga sekarang sudah lebih mahal hingga mendapatkan jumlah liter yang sedikit.

Jika bukan karena itu, bisa jadi karena faktor density atau massa jenis, Ditjen Migas telah menetapkan spesifikasi massa jenis Pertalite yang ditetapkan bervariasi,  berkisar antara 715-770.

Walaupun masih dalam rentang spesifikasi tersebut, bila density berubah hal ini akan sangat mempengaruhi.

“Kalau kita umpamakan saja turun dari 770 kg/liter menjadi 715 kg/liter (masih dalam spesifikasi) ini berarti turun 7,2 sekian persen. Maka nanti ketika digunakan pun akan begitu, yang tadinya bisa mencapai 10 km/liter akan turun,” katanya, Jumat (23/9/2022).

Density mencerminkan kandungan energi per liter bahan bakar. Perhitungan memakai per liter karena saat membeli bahan bakar seseorang akan membeli dalam satuan liter.

“Jadi artinya dengan uang yang sama, kalau densitas itu turun maka kita akan mendapat energi yang lebih sedikit per liternya dari yang kita bayar,” ucap dia, dikutip dari Kompas.com

Halaman
Editor: Jayadi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar