Kepengurusan MATRA Daerah Jawa Timur Segera Terbentuk

Sabtu, 24 September 2022 09:19 WIB

Share
Rapat koordinasi penyusunan pengurus MATRA Jatim (Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)
Rapat koordinasi penyusunan pengurus MATRA Jatim (Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Kepengurusan Tingkat Daerah Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) di Jawa Timur akan terbentuk. Hal ini terlihat dengan adanya rapat koordinasi yang diadakan pada hari Jumat (23/9/22).

Para pemerhati dan masyarakat pegiat adat budaya dari wilayah Jawa Timur, serta beberapa kerabat kesultanan/kerajaan berkumpul di Sekawan Coffee Concept.

Yang berada dikawasan Jl.Niaga Gapura No.1, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, sedang membahas penyusunan pengurus.

Utusan pengurus DPP MATRA (Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)


Dalam sambutan pembuka pertemuan, Wakil Ketua Umum II DPP MATRA, KPH Dato Comander Haryo Metarum SH, memberikan gambaran singkat tentang visi misi organisasi.

Dirinya juga mengaku seakan mendapat kejutan, dan bangga dengan banyaknya jumlah kehadiran peserta pada silaturahmi kali ini.

"Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih pada saudaraku yang hadir dalam silaturahmi ini. Sangat luar biasa Jawa Timur, diluar dugaan bisa hadir sebanyak ini, saya berharap pengurus MATRA segera terbentuk dengan baik," kata Mas Haryo.

Berdirinya organisasi MATRA ini di Godean Sleman Yogyakarta, 13 Agustus 2016, kemudian dideklarasikan di Borobudur pada th 2017.

Sesuai yang tertera didalam AD-ART, keanggotaannya terdiri dari Sultan atau Raja yang memiliki lembaga resmi kesultanan/kerajaan di wilayah nusantara. Keluarga atau kerabat kesultanan/kerajaan yang memiliki garis keturunan, gelar, dan jabatan yang sah.

Juga para budayawan, cerdik cendikia, akademisi berbasis ilmu kebudayaan nusantara. Serta masyarakat umum yang memiliki kapasitas, kepedulian, dan keinginan kuat dalam mempertahankan kebudayaan nusantara.

Dalam wadah silaturahmi yang dihadiri sekitar 50 orang dari berbagai kota di Jawa Timur ini, terlihat pula beberapa utusan pengurus DPP MATRA.

Diantaranya Wakil Ketua Umum I DPP MATRA, KPH. H. Sutan Muhammad Yusuf, Tuanku Mudo Rajo Disambah, ADDN, serta Bidang Koperasi dan UMKM, Minarto.

Disaat yang sama Sutan Muhammad Yusuf juga memberikan arahan singkat, pentingnya koordinasi yang baik sesama anggota dan pengurus.

Sehingga organisasi bisa berjalan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan, mempertahankan adat budaya nusantara.

Dari hasil perbincangan dan telah menjadi kesepakatan bersama, saat ini membentuk tim formatur penyusun kepengurusan, agar segera dikukuhkan pengurus MATRA Jawa Timur.

Sebelumnya sudah terbentuk DPW MATRA di Jawa Timur berdasarkan wilayah karesidenan. Namun saat ini menggunakan nomenklatur baru, semua DPW dilebur menjadi satu, berdasarkan provinsi.(GG)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar