Jezapinan Nusantara Melenggang di Denpasar Bali

Sabtu, 24 September 2022 11:17 WIB

Share
Tarian Zapin Semarak Nusantara (Foto: Istimewa)
Tarian Zapin Semarak Nusantara (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Koreografer senior Dr. Robby Hidajat, M.Sn beserta tim, melakukan workshop Jezapinan Nusantara di Program Studi Pendidikan Seni Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar Bali.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat (23/9/22). Sedangkan karya tari zapin ini hasil garapan kolaborasi antara UM (Indonesia) dan UTM (Malaysia).

Robby Hidajat selaku ketua tim mengatakan bahwa, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menguji hipotesa.

Robby Hidajat beserta penari zapin (Foto: Istimewa)


"Masyarakat etnik di Indonesia mempunyai potensi budaya lokal yang mampu beradaptasi, dengan berbagai budaya asing yg masuk," jelas Robby

Menurutnya fenomena tersebut sudah berlangsung sejak abad ke XIII, yaitu kedatangan pedagang dari Hadramaud; Taman Selatan secara grafual, dan puncaknya pada masa order baru.

"Kebudayaan mereka juga mulai tersebar melalui musik Gambus. Sehingga masyarakat pesisir mewarisi budaya berzapin.

Namun kondisi dan situasi budaya masyarakat etnik Melayu tidak kehilangan jatudirinya, bahkan mampu menumbuhkan ekspresi seni pertunjukan yg baru," lanjutnya.

Selain itu Robby Hidajat yang selama ini telah mengelaborasi data lapangan menjadi luaran dalam bentuk  koreografi, menemukan sistem proses kreatif yang efektif.

Didalam Workshop ini menghasilkan satu koreografi massal, yang berjudul Jezapinan Semarak Nusantara Melenggang.

Selama workshop berlangsung juga didampingi oleh pengajar tari melayu, Dr.Yulinis, SST., M.Si, Dra.Ni Wayan Mudiasuh, M. Si, dan I Wayan  Budiarsa, S. Sn., M.Si. (GG)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler