Polres Batu Menjerat Tersangka Pemerkosa Anak Tiri Dengan 15 Tahun Penjara

Rabu, 21 September 2022 17:57 WIB

Share
Polres Batu Menjerat Tersangka Pemerkosa Anak Tiri Dengan 15 Tahun Penjara
Kapolres Batu,AKBP Oskar Syamsuddin (tengah,membawa mikrofon) saat memberikan keterangan terkait kasus pemerkosaan anak di bawah umur berikut menunjukan tersangka pelakunya (Foto/Dok: Hermin Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin yang memimpin langsung pers release yang dilakukan  di depan Mapolres Batu (21/9/22), terkait kasus pemerkosaan anak tiri yang menjadi perhatian masyarakat beberapa waktu lalu (baca: JATIM.POSKOTA.CO.ID/2022/09/08/ Ayah Tiri Diduga Cabuli Anak Sambungnya Sejak Korban Masih SD/red)

Menurut Kapolres Batu dalam  pernyataanya menyampaikan "Pelapor kasus pemerkosaan adalah seorang perempuan berinisial RW (36 tahun) yang merupakan ibu kandung korban (SYS) sekaligus isteri dari pelaku.

Korban pertama kali mangalami perkosaan saat masih berumur 12 hingga terakhir berusia 16 tahun. Modus pelaku WD alias Gareng (42 tahun) adalah melakukan bujuk rayu dan janji manis akan memberikan HP baru pada korban, asalkan mau mengikuti semua keinginannya serta tidak menceritakan perbuatan itu pada ibunya, dan dalam rentang waktu 5 tahun perbuatan bejat tersebut telah dilakukan pelaku sebanyak tujuh kali.

Dalam kasus ini Polres Batu menjerat tersangka dengan Pasal 81 Ayat 3 Jo 76D dan Pasal 82 Ayat 2 Jo 76E UU RI No.35 Tahun 2014, Tentang Perlindungan Anak Jo pasal 64 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Saat ini Polres Batu telah selesai melakukan peyidikan serta penyelidikan pada tersangka dan kasusnya masuk dalam tahapan pelimpahan ke Kejaksaan, juga menunggu kelengkapan berkas perkara menjadi P21 untuk kemudian berkas, BB bersama tersangkanya akan di limpahkan pada jaksa untuk mengikuti proses hukum selanjutnya," tegas AKBP Oskar

Usai memberikan keterangan terkait pemerkosaan anak dibawah umur, Kapolres juga menyampaikan Kasus pencurian 4 ekor kambing yang terjadi di Desa Lanjar, Giripurno, Bumiaji Kota Batu.

"Kasus kedua adalah tentang tindakan kriminal yang dilakukan oleh komplotan pencuri kambing yang berjumlah 3 orang pria, yang terjadi pada 16/9/22 di daerah  Gangsiran, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Kota Batu, dimana tiga para pelaku tersebut memiliki tugas sendiri-sendiri saat melakukan aksi kejahatannya.

Tersangka TN (57 tahun) bertugas mengambil kambing, WS (47 tahun) bagian mengawasi kondisi sekitar dan TM (57 tahun) sebagai pembawa hasil hewan curian dengan menggunakan sepeda motor.

Menurut para pelaku, mereka melakukan kejahatan tersebut sebanyak dua kali dengan motif masalah ekonomi. Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka adalah 3 ekor kambing jenis gibas dan 1 unit sepeda motor dan atas tindakan kejahatannya tersebut para tersangka diancam dengan Pasal 363 Ayat 1, Tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," pungkasnya

Turut hadir dalam kegiatan pers release tersebut adalah Waka Polres, Kasat Reskrim dan Kasi Humas Polres Batu bersama para tersangka kejahatan yang berhasil di ringkus. (Hermin)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar