Dua Hari Warga Bantaran Kali Surabaya Diberikan Bantuan Pelatihan Oleh Pertamina

Rabu, 21 September 2022 16:31 WIB

Share
Dua Hari Warga Bantaran Kali Surabaya Diberikan Bantuan Pelatihan Oleh Pertamina
Pelatihan Eco Print dan Eco Enzym ibu ibu PKK RT 05 RW 03 Kelurahan Jambangan (Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Sebut saja Mujiono (50), Ketua RT 05 RW 03 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan sudah terlihat sibuk dibanding hari hari biasanya. Dengan dibantu para anggota Karang Taruna dengan seragam kaos berwarna merah dan ibu-ibu PKK yang juga mengenakan seragam kaos warna biru, mereka bahu membahu menyapu halaman, menggelar tikar, mengatur meja kursi serta konsumsi.

Ternyata selama dua hari, Minggu (18/09) dan Senin (19/09) mereka para warga bantaran Kali Surabaya mendapatkan bantuan pelatihan dari CSR PT. Pertamina Tbk yang disalurkan melalui PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Surabaya.

Sekolah Aliran Sungai (Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)


Bantuan yang diberikan oleh Pertamina berupa Sekolah Aliran Sungai untuk para anggota Karang Taruna, Pelatihan Pembuatan Eco Print dan Eco Enzym bagi para ibu-ibu juga Pelatihan Penyelamatan Dalam Air untuk para bapak-bapak dan pemuda.

Menurut Nuril Khatulistiyawati, bagian Community Development Officer CSR Pertamina, yang ditemui oleh Poskota Jatim di lapangan, pemberian bantuan kepada warga bantaran Kali Surabaya ini merupakan kegiatan kali kedua, sebagai kelanjutan kegiatan tanggal 23 Agustus 2022 yang baru lalu.

Di harapkan setelah diberikan kegiatan ini, warga bantaran Kali Surabaya dapat ikut menjaga kelestarian lingkungan yang dimulai dengan keterlibatan aktif anggota Karang Taruna.

Di sisi lain terlihat pula sekelompok ibu-ibu anggota PKK RT 05 RW 03 Kelurahan Jambangan terlihat tekun belajar tahapan-tahapan pembuatan kerajinan Eco Print dan Eco Enzym, dengan memanfaatkan limbah-limbah rumah tangga dan tanaman-tanaman yang ada di sekitar lingkungan mereka.

Keesokan harinya, Senin (19/09) giliran para pemuda, bapak-bapak dan anggota Karang Taruna diberikan Pelatihan Penyelamatan Dalam Air.

Menurut Moh Irfan, seorang Instruktur dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) pemberian Pelatihan Penyelamatan Dalam Air sangat diperlukan bagi warga atau siapapun yang tinggal menetap atau banyak beraktivitas di Daerah Aliran Sungai.

Instruktur Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Moh Irfan (Foto/Dok: Bowo Poskota Jatim)


Masih menurut Irfan, karena bahaya yang datang dari alam notabene aliran air tidak bisa diprediksi dengan tepat dan sering datang secara tiba-tiba dan mendadak, terutama jika peristiwa itu timbul dari faktor kelalaian manusia, misalnya kecelakaan dalam air seperti terpeleset atau perahu terbalik. (Bowo)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar