Dan Dan Toko Daster Batik Hadir Menjadi Pilihan Remaja Milenial Untuk Belanja Fashion

Selasa, 20 September 2022 20:13 WIB

Share
Dan Dan Toko Daster Batik Hadir Menjadi Pilihan Remaja Milenial Untuk Belanja Fashion
Tatik Sujiati Owner "Dan Dan Toko Daster" Jl. Pilang Muda, Pilangbango Kota Madiun (Foto/Dok: Bambang Gunawan Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Keputusan untuk berbisnis kerap kali dipilih sebagai alternatif untuk dapat berkarier secara fleksibel dan dinamis, namun ada yang perlu disadari adalah membangun bisnis dan menjalankan bukanlah hal yang mudah.

Tantangan yang hadir sering kali membuat gentar, namun seperti kata pepatah "banyak jalan menuju Roma" banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan bisnis agar terus bisa bertahan, berkembang dan sukses.

Hal inilah yang diterapkan oleh Tatik Sujiati dalam mengembangkan bisnisnya, memilih bidang usaha yang cukup menguras tenaga dan pikiran, yaitu "Dan Dan Toko Daster", Tatik mempunyai trik jitu yang dapat menjadi inspirasi banyak orang.

Tampak Nyaman Suasana Pembeli "Dan Dan Toko Daster" Serasa Milih Barang Dirumah Sendiri (Foto/Dok: Bambang Gunawan Poskota Jatim)


Dimulai pada tahun 2021, Ibu dari dua orang anak tersebut melihat peluang bisnis yang mengiurkan dan menjanjikan, menurutnya potensi peluang usaha atau bisnis daster batik dan gamis memang tidak ada matinya.

Batik menjadi identitas Negara atau warisan budaya yang harus dilestarikan, apalagi Pemerintah sudah mengesahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan di Indonesia.

"Tentu ini adalah peluang yang sangat menjanjikan", disamping itu saya ingin membuat daster batik dikenal oleh khalayak luas dan dapat digunakan berbagai  generasi dengan lebih fashionable," jelasnya

Tatik mengatakan sejauh ini usaha daster batik dan gamis yang ia tawarkan kisaran 70 persen adalah gamis dan 30 persen daster batik cap Jawa Timur yang didominasi dengan bahan kain yang berkualitas.

"Hal utama yang perlu disiapkan untuk membangun bisnis adalah niat, modal, relasi, restu suami dan anak-anak (keluarga)", tuturnya.

Tatik sendiri mengawali bisnis ini dengan beberapa strategi yang telah ia riset sebelumnya, yakni yang pertama dengan modal Rp25 juta, ia mengaku bahwa dengan nominal tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan toko seperti belanja gamis dan daster batik grosir, accesories tempat untuk menaruh gamis serta daster.

Setelah dirasa mempunyai tempat dan peralatan yang memadahi dalam menekuni bisnisnya, strategi kedua yang diterapkan oleh wanita cantik ini yaitu menentukan target utama pasar.

Target "Dan Dan Toko Daster" yakni kaum remaja putri yang berumur 18 tahun hingga emak-emak yang lanjut usia, tentunya yang memiliki selera pakaian nuansa santai ala rumahan dengan etnik khas batik Indonesia, jenis daster batik cap dan gamis serta kain khas Indonesia.

Seorang Pembeli Bersama Anaknya Merasa Nyaman, Aman Saat Memilih Barang Di "Dan Dan Toko Daster" (Foto/Dok: Bambang Ginawan Poskota Jatim)


Hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung perkembangan bisnis daster batik dan gamis yakni selalu memperhatikan kebutuhan customer dan tidak boleh berhenti memperhatikan tren yang sedang ramai diperbincangkan khalayak.

"Namun kita tetap tidak boleh terkecoh dengan tren fashion saat ini, karena kita tetap harus mempunyai ciri khas tersendiri", ujarnya.

Strategi terakhir yang ia pakai adalah menggunakan sistem kolaborasi dan partnership untuk memperkenalkan produk, kemudian sosial media juga menjadi peran penting untuk meluaskan relasi dalam bisnis daster batik dan gamis.

Dengan menerapkan strateginya tersebut kini "Dan Dan Toko Daster" yang beralamat di Jl. Pilang Muda, Pilangbango  Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun dapat bertahan hingga bisa menjual daster batik dan baju gamis sampai ke seluruh Jawa Timur. (Bagas)**

Reporter: Bambang Gunawan
Editor: Didik Sutrisno
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar