Optimalkan Peran BUMD, KWG dan DPRD Gresik Gelar Dialog Publik

Kamis, 18 Agustus 2022 05:07 WIB

Share
Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir
Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir

JATIM.POSKOTA.CO.ID -  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai perusahaan plat merah, memiliki peran strategis dalam memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi dan inovasi dalam pengembangan usaha melalui penguatan koneksi maupun jejaring lintas elemen. 

Melihat pentingnya masalah tersebut,  Komunitas Wartawan Gresik (KWG) berkolaborasi dengan DPRD Gresik menggagas dialog publik bertema "Optimalisasi Pelayanan dan Pendapatan Asli Daerah Melalui BUMD", yang bakal digelar di Hotel Horison Gresik, September 2022.

Tema ini sengaja diinisisi KWG, sebagai bentuk ikhtiar menjalankan peran pers yang menjadi salah satu pilar demokrasi, untuk mendorong BUMD dalam memberikan layanan kepada publik yang lebih baik, serta membantu pemerintah daerah mencari sumber PAD guna menopang pembiayaan pembangunan.

Ketua KWG, M. Syuhud Almanfaluty menyatakan Pendapatan Daerah (PD) maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam setiap pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) maupun Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD,  merupakan sumber penguatan postur fiskal belanja pembangunan.

"Jadi, baik PD yang di antaranya bersumber dari dana tranfer (pusat), maupun PAD yang di antaranya bersumber  BPHTB, PPJ, PBB, IMB (PBG), dan lainnya, merupakan sumber penting untuk kekuatan fiskal APBD Gresik selama ini," kata Syuhud.

Mengacu penetapan APBD Gresik tahun 2022, Syuhud menambahkan  kekuatan fiskal pendapatan diproyeksikan  sebesar Rp 3,6 triliun, fiskal belanja Rp 3,4  triliun. Pendapatan tersebut bersumber dari PAD sebesar Rp 1, 2 triliun lebih, dana transfer Rp 2,2 triliun lebih dan lain-lain pendapatan yang sah Rp 17 miliar.

"Jadi dari kebutuhan belanja pembangunan Rp 3,6 triliun pada APBD 2022, sumber pendapatan daerah mayoritas masih disuntik dari dana transfer Rp 2,2 triliun," ungkapnya.

Karena itu, jika ingin menggemukkan  PAD Pemkab Gresik harus bisa mengoptimalkan dan menggali semua potensi yang ada salah satunya melalui BUMD.

Apalagi saat ini Pemkab Gresik memiliki tiga  BUMD, yaitu  PT Gresik Migas, Perumda Giri Tirta, dan PD Bank Pasar.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler