Tema SMPN 2 Saat Pawai Rayakan HUT ke-77 RI Cocok dengan Situasi Terkini

Selasa, 16 Agustus 2022 17:36 WIB

Share
Tema SMPN 2 Saat Pawai Rayakan HUT ke-77 RI Cocok dengan Situasi Terkini
Rizka (kiri)

POSKOTA JATIM- Iring-iringan pawai menyambut HUT ke-77 RI, pada hari Selasa, 16 Agustus 2022, tampak meriah, pawai ini adalah pawai umum yang mana pesertanya diikuti oleh SMP, SMA Sederajat  dan Umum.

Salah satu pesertanya adalah dari SMPN 2 Nganjuk, para siswa-siswi yang ikut dalam pawai ini, mengenakan pakaian yang didominasi dengan pakaian tradisional Jawa, namun ada beberapa diantaranya yang mengenakan pakaian dari daerah lain, hingga kostum Covid-19.

"Tema yang diangkat SMPN 2 Nganjuk adalah "Gumegrah Bangun Praja" pak." kata Riska, Guru yang mengajar bahasa Indonesia kepada awak media.

Dalam bahasa Indonesia  "Gumegrah Bangun Praja", artinya "Bangkit (dengan optimis) Membangun  Negara." (-Red)

****Video pawai SMPN 2 Nganjuk

Masih menurut Riska, Tema ini dilatar belakangi kebangkitan dari Mojopahit saat dipimpin oleh seorang patih bernama Gajah Mada, yang mampu bangkit memberantas pemberontakan dan menyatukan Nusantara, oleh karena itu kostum fokus ke adat Jawa kuno.

"Untuk pakaian (kostum) fokus ke adat Jawa," terang Riska, di sela-sela persiapan merias, di Street Food, Jembatan Ploso, Jalan Achmad Yani 415, Ploso, Nganjuk

Lantas Riska menambahkan bahwa dalam konsep "Gumregah Bangun Praja" juga dikolaborasikan dengan tema Nusantara dan kebangkitan dari Covid-19, yang mana pandemi Covid-19 telah meluluhlantakan ekonomi dunia termasuk ekonomi di Indonesia.

"Saat ini kan memang  situasinya kita sudah bangkit dari Covid-19." terang Riska.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar