HUTRI ke 77 Bunda Ida Sebut Perlunya Merawat Keberagaman Budaya, Agama dan Kepercayaan

Senin, 8 Agustus 2022 19:51 WIB

Share
HUTRI ke 77 Bunda Ida Sebut Perlunya Merawat Keberagaman Budaya, Agama dan Kepercayaan

POSKOTA JATIM- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang digagas oleh Yayasan Nusantara Kita akan disemarakkan berbagai kegiatan seni dan kebudayaan dengan melibatan peran aktif masyarakat, seniman, pemerhati kebudayaan, akademisi  hingga komunitas lintas agama dan aliran kepercayaan. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Nusantara Kita Foundation Ida Sekar Kinasih pada sambutan pembukaan sarasehan budaya dan kebangsaan minggu 7/8/2022 di Paseban Agung yang berada di kawasan petirtaan Jolotundo, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Pada kesempatan itu, Ida Sekar Kinasih memberikan tema special yaitu “Merawat keberagaman budaya, agama dan kepercayaan lokal nusantara agar makin kuat jati diri dan ketahanan bangsa Indonesia."

****Pilihan editor

“Tema ini terlahir atas dasar kian maraknya radikalisme, gerakan intoleran, dan tindakan persekusi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan agama dan kelompok tertentu yang ada ditengah masyarakat," jelasnya dalam sambutanya.

Dimana, masih kata Ida Sekar Kinasih, hal tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran leluhur dan nenek moyang kita di belahan nusantara.  Sebagai identitas anak bangsa yang berada di tengah masyarakat yang heterogen.

 

Lantas Ida Sekar Kinasih mengajak semua elemen kebangsaan untuk saling bahu membahu merawat akar bangsa ajaran leluhur agar tidak terkikis dari propaganda dari luar yang saat ini sedang mendistorsi jati diri kita sebagai bangsa yang toleran dan plural.  

Pada kesempatan itu, perempuan yang akrab disapa Bunda Ida itu juga menjelaskan seluruh rangkaian acara yang akan dilaksanakan oleh Yayasan Nusantara Kita. 

****Pilihan editor

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar