Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot Berikut 25 Personel Polri Lainnya, Kapolri YesYesYes

Jumat, 5 Agustus 2022 06:54 WIB

Share
Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot Berikut 25 Personel Polri Lainnya, Kapolri YesYesYes

POSKOTA JATIM- Kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terkesan ruwet bertele-tele, ternyata mendapatkan perhatian yang tinggi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Sigit kini menepati janjinya, untuk mengungkap kasus ini hingga tuntas, sesuai perintah Presiden Joko Widodo, yakni resmi mencopot jabatan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor 1628/VII/KEP/2022 Tanggal 4 Agustus 2022.  Dalam ST tersebut, Irjen Ferdy Sambo dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri dan posisinya diganti oleh Wakabareskrim Irjen Syahardiantono. 

Namun tidak hanya itu, Kapolri terkini ternyata telah memutasi 25 anggota polisi, hal ini dilakukan setelah Inspektorat Khusus Tim Khusus Polri memeriksa mereka terkait penanganan tempat kejadian perkara (TKP) kematian Brigadir J di rumah Irjen Pol. Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Malam ini saya keluarkan surat telegram khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya penanganan tindak pidana terkait dengan meninggalnya Brigadir Yosua ke depan akan berjalan baik," kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8) malam, seperti dikutip Antara.

Mereka yang dimutasi dinilai tidak profesional, serta ada beberapa tindakan yang diduga telah menghambat penanganan TKP dan proses penyidikan awal peristiwa ini.

"Mereka dari kesatuan Propam, Polres Metro Jakarta Selatan, dan juga ada beberapa personel dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim," kata Sigit.

Selain proses etik, Kapolri membuka kemungkinan untuk memproses mereka secara pidana, apabila dari pemeriksaan yang berlangsung ditemukan dugaan unsur tindak pidana.

25 personel polisi yang dimutasi  terdiri dari tiga jenderal polisi bintang satu, lima Kombes, tiga AKBP, dua Kompol, tujuh Pama, lima bintara dan tamtama. 

Namun, hingga kini awak media masih belum mendapatkan informasi daftar anggota Polri yang resmi dicopt tersebut**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar