Sempat 4,8 Juta, Kini Korea Utara Laporkan Nol Kasus Infeksi Covid-19

Minggu, 31 Juli 2022 16:15 WIB

Share
Sempat 4,8 Juta, Kini Korea Utara Laporkan Nol Kasus Infeksi Covid-19

POSKOTA JATIM- Dalam kurun dua bulan semenjak mengonfirmasi terjadinya infeksi Covid-19 pada bulan Mei. Pada hari Sabtu (30/7) Korea Utara mengumumkan nol kasus untuk pertama kalinya.

"Tidak ada pasien demam baru yang dilaporkan selama 24 jam sejak Kamis malam," kata Kantor Berita Pusat Korea, dikutip dari AFP.

Korea Utara merujuk pada "pasien demam" daripada "pasien covid", hal ini karena keterbatasan fasilitas pengujian. Jadi pernyataan tidak ada pasien demam baru, menandai pertama kalinya tak ada kasus baru Covid-19 di Korea Utara. 

Menurut KCNA, sekiranya ada 4,8 juta yang terinfeksi di Korea Utara sejak April. Namun, "99,994" persen pasien telah pulih sepenuhnya, dan hanya menyisakan 204 pasien yang masih dalam perawatan. 

Kasus virus corona pertama kali diumumkan oleh Pyongyang pada 12 Mei dan mengaktifkan "sistem pencegahan epidemi darurat maksimum". Dengan Kim Jong Un sebagai pemimpin, ia menempatkan dirinya di depan pusat tanggapan pemerintah.

Salah satu dari sekitar 25 juta orang di Korea Utara belum menerima vaksinasi, setelah menolak suntikan yang ditawarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Michael Ryan selaku Direktur Kedaruratan WHO mengatakan di bulan lalu bahwasannya ia menganggap situasi di Korea Utara "semakin buruk bukan lebih baik". Meski demikian, dia mengakui Pyongyang sangat terbatas memberikan informasi.

Sebelumnya, Korea Selatan sudah menawarkan untuk mengirim vaksin dan bantuan medis lainnya. Bantuan ini ditujukan kepada Korea Utara untuk membantunya menangani wabah virus corona.

Sampai saat ini, Pyongyang belum menanggapi secara resmi.**(Dhani)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar