Hari Anak Nasional, Puan Maharani Menyebutkan Banyak Pesan yang Mak Jleb, Mengena

Minggu, 24 Juli 2022 16:54 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Puan Maharani selaku Ketua DPR RI Dr. (H.C,) meminta agar Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dijadikan pengingat bagi semua pihak untuk memenuhi dan memastikan hak-hak anak.

Tidak hanya itu Puan Maharani Menyebutkan sejumlah pesan yang sangat mengena dan cocok bagi Anak Indonesia agar menjadi jaminan bagi masa depan bangsa Indonesia.

"Hari Anak Nasional 2022 harus menjadi momentum untuk meningkatkan kesejahteraan anak. Pemenuhan hak anak harus menjadi pijakan masa depan bangsa, mulai dari hak atas lingkungan keluarga dan alternatif pengasuhan, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang serta perlindungan khusus," kata Puan dalam keterangan Parlementaria. 

***Pilihan editor, surat terbuka untuk Jokowi

 

Konstitusi UUD telah mengatur pemberian perlindungan dan jaminan hak asasi manusia (HAM), serta hak memperoleh kesejahteraan bagi anak. DPR saat ini tengah menginisiasi rancangan Undang-undang kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA). 

"Undang-undang ini dibuat untuk menciptakan SDM unggul yang akan membawa Indonesia semakin maju," tutur Puan.

Melalui RUU KIA, negara mempunyai kewajiban untuk memberikan penyelenggaraan kesejahteraan bagi Ibu dan Anak. Adanya kesejahteraan bagi Ibu, negara juga memastikan terciptanya kesejahteraan untuk anak sebagai generasi penerus. 

"RUU KIA ini bertujuan untuk mewujudkan rasa aman dan tentram bagi Ibu dan Anak. Tak hanya itu, RUU juga berguna meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin," ungkap Ketua DPR RI tersebut.

Selanjutnya, Puan mengatakan bahwa RUU KIA akan menjamin upaya penghormatan, pemajuan dan pemenuhan hak bagi ibu dan anak. Tak hanya itu, hal ini dilakukan untuk memenuhi segala tindakan disriminatif dan pelanggaran HAM terhadap Ibu dan Anak. 

Halaman
Editor: Jayadi
Contributor: Dhani
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler