Timor Leste Berharap Bisa Bergabung Asean Saat Kepemimpinan Indonesia

Rabu, 20 Juli 2022 06:10 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Jose Ramos-Horta selaku Presiden Timor Leste berharap negaranya bisa masuk dalam Perserikatan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Hal itu diungkapkan secara langsung saat Ramos-Horta bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (19/7/2022).

“Harapan saya Timor Leste bisa bergabung selama Indonesia menjadi ketua ASEAN pada 2023 nanti,” ujar Ramos-Horta saat konferensi pers, yang diunggah melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

 

Ramos menyampaikan kebahagiaan karena Indonesia tetap berkomitmen mendukung Timor Leste menjadi anggota blok itu. Bersamaan dengan itu, Indonesia akan menjadi ketua ASEAN di tahun 2023 mendatang. 

“Tentu sangat senang ketika Indonesia tetap berkomitmen terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN nanti. Sangat Normal Negara saya berada di ASEAN,” tutur Ramos menambahkan.

Namun, Presiden Timor Leste mengatakan bahwa masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti, memulihkan kembali ekonomi dan demokrasi.

Sejak 2011 lalu, Timor Leste sudah mengajukan untuk menjadi anggota ASEAN. Indonesia mendukung penuh terhadap upaya ini dengan mengunjungi Timor Leste dan menurunkan tiga tim yang hendak menilai pada bidang politik-keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

Lantas pertemuan Ramos-Horta dengan Jokowi tidak hanya membahas tentang anggota. Melainkan membahas program kerja yang akan dijalankan bersama mengenai pertanian, pergerakan lintas batas sampe dengan perdagangan.

“Melihat hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan kedua negara ini bisa terus ditingkatkan,” ucap Jokowi. 

Setelah itu, kedua Presiden sepakat untuk memperkuat konektivitas di jalur darat dan laut. Bagi jalur darat, biasanya yang menjadi nomor satu yaitu rute trayek bus Dili-Kupang akan segera dilakukan.

Halaman
Editor: Jayadi
Contributor: Dhani
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar