5 Siswa SLB di Sidoarjo Dipaksa Pindah Alasannya Diskriminatif, Dindik Jatim Diminta Turun Tangan

Senin, 11 Juli 2022 15:37 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Sejumlah 5 (Lima) siswa sekolah luar biasa (SLB) dan orang tuanya di kabupaten sidoarjo mendapatkan perlakuan diskriminatif, intimidatif dan dipaksa pindah dari bangku sekolah oleh pihak pengurus sekolahan tempat mereka belajar. 

Hal ini disampaikan oleh ketua LIRA Disability Care (LDC) Abdul Majid,SE. saat melakukan pendampingan kepada orang tua siswa yang mengadu ke dinas pendidikan (DINDIK) provinsi Jawa Timur, pada Senin (11/7/2022)

Majid yang juga penyandang disabilitas sensorik netra itu pun merasa prihatin atas perlakuan diskriminatif, intimidatif dan pemaksaan yang diterima oleh para orang tua wali murid dari pihak pengurus sekolah karena persoalan yang tidak jelas, katanya.

 

Menurut Majid, pihaknya mendapatkan aduan dari salah satu yayasan yang menaungi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sidoarjo pada tanggal 1 Juli 2022. Untuk kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan komunikasi intensif dengan wali murid hingga melakukan kajian mendalam terkait potensi tindakan Mal Administrasi yang dilakukan oleh pihak sekolah luar biasa itu.

Saat pihak Poskota Jatim meminta Majid menyebutkan nama sekolah luar biasa dan rincian nama-nama siswa / orang tua, pihaknya menolak membeberkan hal tersebut karena alasan hak anak dan citra sekolahan yang sedang dilaporkan. 

“Tadi semua data dan keterangan sudah kita sampaikan di Dindik Jawa Timur. Biarkan mereka yang akan membuat keputusan seadil-adilnya," kata  Majid

 

“Intinya kita meminta Dindik Jatim secepatnya mengusut kasus ini sebelum tahun ajaran baru dimulai. Jika mereka tidak bergerak cepat, ya terpaksa kasus ini akan kita naikkan ke tingkat lanjut," tegas Majid yang getol menyuarakan dibuatnya Perda tentang penyandang disabilitas di kabupaten Sidoarjo.

Senada, Kepala Bidang Advokasi LIRA Disability Care (LDC) Indra Pramana,SH. MH. Juga ikut bungkam saat dimintai keterangan oleh media. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler