Jejak Digital Ahok, Yusril Ihza Mahendra Bongkar Masa Lalu Ahok

Minggu, 3 Juli 2022 12:48 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Video lama mantan Menteri Sekretariat Negara Indonesia Yusril Ihza Mahendra, kembali viral dimedia sosial, karena dalam video tersebut Yusril mencolek nama Ahok (mantan Gubernur DKI Jakarta).

Dalam tayangan video tersebut Yusril mengatakan bahwa dirinya sekampung dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok, saat masih berada  di Belitung.

Yusril menceritakan ketika sedang mengobrol dengan Ahok mereka berdua lebih sering menggunakan Bahasa Mandarin. Seebab semua orang tahu bahwa Ahok mempunyai darah Tionghoa. 

 

“Saya satu kampung sama Ahok. Kalo saya ngomong sama Ahok, jarang-jarang pake Bahasa Indonesia, saya pasti ngomong Bahasa Cina dengan Ahok,” ujarnya dikutip VIVA, Minggu (3/7).

Tidak hanya berbahasa Mandarin, Yusril kemudian mengungkapkan bahw Ahok bukan Warga Negara Indonesia (WNI) dari lahir, hal ini karena sang ayah Tjoeng Kiem Nam berkewarganegaraan Tiongkok.

Video yang membahas tentang kewarganegaraan Ahok ini beredar di TikTok. Video tersebut diunggah oleh akun @bang_fen165 pada 31 Mei 2022 silam.

@bang_fen165 Profesor Yusril Ihza Mahendra : Ahok tidak bisa jadi Calon Presiden. #demokrasi#indonesia#yusril#ahok#politik♬ suara asli - Bang Fen meutuah raya🤲🤲

 

“Ahok tidak lahir sebagai Warga Negara Indonesia. Bisa dicek datanya di catatan sipil, Bapak Ahok, Tjoeng Kiem Nam, warga negara Tiongkok. Ketika ada penentuan kewarganegaraan pada tahun 1962, Tjoeng Kiem Nam memilih warga negara RRT (Republik Rakyat Tiongkok),” jelas Yusril panjang lebar. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler