Biden Sambut Perempuan Pertama Jadi Kepala Pasukan Penjaga Pantai

Senin, 27 Juni 2022 12:47 WIB

Share
Presiden Biden memberi ucapan selamat pada Linda Fagan/IST
Presiden Biden memberi ucapan selamat pada Linda Fagan/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Presiden Amerika Joe Biden pekan lalu memuji Laksamana Linda Fagan sebagai panglima baru Pasukan Penjaga Pantai atau Coast Guard, dan sekaligus perempuan pertama yang menjadi kepala di Angkatan Bersenjata Amerika. Siapakah dia?

Dalam pidato di hadapan sekitar 2.000 hadirin di markas Pasukan Penjaga Pantai pekan lalu – termasuk sejumlah kepala dinas dari cabang-cabang militer lainnya, dan Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas – Presiden Joe Biden menyebut pergantian panglima di pasukan itu merupakan hal yang “sudah waktunya.”

“Ketika Menteri Pertahanan mengirim nama Linda Fagan, saya mengatakan 'mengapa lama sekali baru ada perempuan yang diajukan?' Selamat! Karir Laksamana Fagan yang gemilang menunjukkan kepada anak-anak muda yang memasuki bidang ini bahwa tidak ada pintu yang tertutup bagi perempuan," kata Lisa.

Biden menambahkan “seperti inilah seorang laksamana dan kepala dinas di Angkatan Bersenjata Amerika.” Ia juga menyampaikan terima kasih “atas segala yang dilakukan selama berkarir dan membuka pintu peluang sedikit lebih lebar” yang memungkinkan “orang-orang yang mengikuti jejakmu dapat melewatinya.

Lebih jauh Biden mengatakan yang harus dilakukan sekarang adalah memastikan bahwa Fagan bukan satu-satunya perempuan yang dapat menduduki posisi puncak ini. “Kita perlu melihat lebih banyak lagi perempuan di tingkat komando tertinggi di Pasukan Penjaga Pantai dan di setiap layanan.”

Biden mengatakan pemerintahnya akan lebih sering menggunakan Pasukan Penjaga Pantai untuk mengatasi ancaman perubahan iklim. Ia juga menyebut Pasukan Penjaga Pantai sebagai elemen penting dalam strategi Indo-Pasifik, dan mengatakan ia berencana melibatkan pasukan ini untuk mengatasi isu penangkapan ikan secara berlebihan oleh China.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler