Viral Bikin Polisi Tidur Jumlahnya 20, Ini Aturannya Biar Gak Ngasal

Sabtu, 25 Juni 2022 16:38 WIB

Share
Viral Bikin Polisi Tidur Jumlahnya 20, Ini Aturannya Biar Gak Ngasal
Dok Polres

POSKOTA JATIM- Belakangan ini sedang viral dan ramai di media sosial sebuah video menampilkan puluhan polisi tidur atau speed bump.

Tidak tanggung- tanggung polisi tidur tersebut berjejer sepanjang sekira 20 meter, terdiri dari 20 baris, berada di  Jalan Banyu Asih, Tegal Kunir, Mauk, Tangerang.

Akibatnya banyak kendaraan yang melintas harus bumping, njondil- njondil- gak karuan, justru bisa membahayakan pengendara yang mintas.

 

Kapolsek Mauk AKP Yono Taryono membenarkan soal polisi tidur itu. Kini pihaknya bersama Kades Banyu Asin dan Camat Mauk membongkar kembali polisi tidur itu setelah dikeluhkan oleh warga.

"Iya betul. Itu memang dikeluhkan oleh warga, karena pemasangannya tidak sesuai standar dan justru malah berpotensi menimbulkan kecelakaan," kata Yono.

Padahal, ada aturan khusus terkait membangun polisi tidur atau speed bump telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018 atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan, serta Pasal 7 ayat (2) Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Aturan soal pembuatan polisi tidur alias speed bump juga tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 82 Tahun 2018. Hal ini diatur dalam Pasal 58. Begini bunyinya.

"Pembuatan Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan dilakukan oleh badan usaha yang memenuhi persyaratan dan telah dilakukan penilaian oleh Direktur Jenderal sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan."

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar