Rusia Andalkan Pensiunan Tentara, Pasukan Bayaran untuk Dukungan Udara di Ukraina

Sabtu, 25 Juni 2022 20:50 WIB

Share
Rusia Andalkan Pensiunan Tentara, Pasukan Bayaran untuk Dukungan Udara di Ukraina
Pesawat serangan darat Su-25 Frogfoot mamakai pilot bayaran/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Rusia menggunakan pensiunan tentara yang menjadi tentara bayaran untuk melakukan misi dukungan udara di Ukraina.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka sedang berjuang untuk menyediakan awak pesawat yang memadai untuk invasi yang sedang berlangsung, pembaruan intelijen pertahanan Inggris terbaru mengungkapkan Jumat pagi.

Ukraina mengumumkan bahwa seorang pilot jet tempur Rusia yang ditangkap awal bulan ini telah mengaku sebagai anggota kelompok tentara bayaran Wagner dan pernah menjadi mayor angkatan udara Rusia.

Pilot tersebut menerbangkan pesawat serang darat Su-25 FROGFOOT Rusia yang ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina pada 17 Juni.

Pengungkapan ini, jika benar, adalah tanda bahwa personel pensiunan diperlukan untuk menopang apa yang mungkin sangat menipiskan awak pesawat.

Menurut pembaruan intelijen Inggris, ini kemungkinan karena kerugian besar Rusia dalam perang yang sedang berlangsung dan jumlah personel terlatih yang tidak mencukupi.

Model lama, peralatan lama

Fakta lain yang dilaporkan diungkapkan oleh pilot Rusia yang ditangkap adalah, alih-alih menggunakan peralatan navigasi militer Rusia, ia menggunakan GPS komersial.

Implikasi dari ini, menurut intelijen Inggris, adalah bahwa pesawat yang digunakan oleh tentara bayaran Wagner adalah model Su-25 yang lebih tua. Dengan kata lain, Rusia tidak menyediakan Wagner dengan peralatan mutakhir.

Ini mengikuti laporan sebelumnya selama invasi banyak pasukan yang bersekutu dengan Rusia, seperti mereka yang berjuang untuk kelompok separatis pro-Rusia yang dikendalikan di wilayah Donbas Ukraina timur, Republik Rakyat Luhansk (LPR) dan Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar