Kapankah Terjadi Sembilan Planet di Tata Surya Berjajar Segaris?

Sabtu, 25 Juni 2022 10:39 WIB

Share
Pada kenyataannya tak mungkin 9 planet segaris/IST
Pada kenyataannya tak mungkin 9 planet segaris/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Kemarin 24 Juni kita saksikan lima planet sejajar dan bisa kita amati dengan baik dengan mata telanjang. Namun ada pertanyaan kapan 9 planet akan sejajar dilihat dari Bumi?

Planet-planet di tata surya kita tidak pernah berbaris dalam satu garis lurus sempurna seperti yang mereka tunjukkan di film-film. Jika Anda melihat plot dua dimensi dari planet-planet dan orbitnya pada selembar kertas, Anda mungkin akan dituntun untuk percaya bahwa semua planet pada akhirnya akan melingkari garis yang sama.

Pada kenyataannya, tidak semua planet mengorbit sempurna pada bidang yang sama. Sebaliknya, mereka berayun pada orbit yang berbeda dalam ruang tiga dimensi. Untuk alasan ini, mereka tidak akan pernah benar-benar selaras.

Ini seperti menunggu segerombolan lalat mengelilingi kepala Anda untuk berbaris. Itu tak akan pernah terjadi. Ketika para astronom menggunakan kata-kata seperti "kesejajaran planet", itu tidak berarti secara harfiah berbaris.

Mereka hanya berarti bahwa beberapa planet berada di wilayah langit yang sama. Dan jenis "penyelarasan" ini hampir tidak pernah terjadi pada semua planet, melainkan terjadi pada dua atau tiga planet sekaligus.

Selanjutnya, "kesejajaran planet" tergantung pada sudut pandang Anda. Jika tiga planet berada di wilayah langit yang sama dari sudut pandang bumi, mereka belum tentu berada di wilayah langit yang sama dari sudut pandang matahari. Oleh karena itu, keselarasan adalah artefak dari sudut pandang dan bukan sesuatu yang mendasar tentang planet itu sendiri.**

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler