Kanker Itu Alami, Penyebabnya Juga Bahan Kimia Alami

Sabtu, 25 Juni 2022 12:03 WIB

Share
Kanker Itu Alami, Penyebabnya Juga Bahan Kimia Alami
Tembakau termasuk bahan karinogen alami/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Kanker menjadi masalah kesehatan yang serius bagi manusia saat ini. Salah satu penyebabnya adalah bahan-bahan kimia yang diciptakan manusia. Namun apakah kanker ini sudah ada sebelum manusia mampu menciptakan zat sintetis?

Ya, kanker ada jauh sebelum manusia mampu menciptakan zat sintetis yang menyebabkan kanker (agen penyebab kanker disebut "karsinogen"). Sayangnya, kanker adalah bagian alami dari kehidupan.

Setiap makhluk multiseluler di bumi bisa terkena kanker, bahkan di lokasi yang paling terpencil (ya, bahkan hiu pun bisa terkena kanker). Sementara beberapa bahan kimia buatan manusia memang dapat menyebabkan kanker, itu bukan satu-satunya penyebab. Melindungi diri Anda secara ketat dari setiap karsinogen buatan manusia tidak akan menjamin bahwa Anda tidak akan pernah terkena kanker.

Pertama-tama, kanker adalah istilah umum yang mencakup ratusan penyakit berbeda. Kesamaan dari semua penyakit ini adalah bahwa sel-sel normal berubah sehingga mereka mulai bereproduksi secara tidak normal, menyebar ke seluruh organisme dan merusaknya.

Ada banyak sekali mekanisme yang dapat menyebabkan sel bereproduksi secara tidak normal. Seperti proses biologis lainnya, reproduksi sel pada akhirnya dikendalikan oleh DNA sel. Ketika DNA sel diubah, sel dikatakan bermutasi.

Mutasi seringkali tidak berbahaya. Namun, jika mutasi terjadi pada bagian DNA yang mengontrol reproduksi sel, hal itu dapat menyebabkan sel bereproduksi secara tidak normal dan meneruskan mutasinya ke sel anak. Setiap agen yang mengarah pada mutasi DNA berpotensi menyebabkan kanker.

Karsinogen kimia alami seperti tembakau, alkohol, arsenik, dan timbal
Karsinogen biologis alami seperti virus hepatitis B, human papillomavirus, dan helicobacter pylori

Karsinogen mekanis alami seperti asbes

Karsinogen radiologis alami seperti radon, sinar kosmik, dan radiasi matahari
Semua karsinogen ini ada sebelum manusia mengembangkan teknologi untuk membuat bahan kimia sintetis. Meskipun aktivitas industri manusia dapat meningkatkan paparan seseorang terhadap karsinogen alami, ini tidak mengubah fakta bahwa karsinogen ini alami.

Bahkan jika Anda entah bagaimana dapat melindungi diri Anda dari 100% karsinogen; apakah alami atau buatan manusia; Anda masih bisa terkena kanker.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar