Inilah Hasil Survei Kompas: Jika Hari Ini Digelar Pilpres Siapa Presiden Pilihan Anda? Prabowo Presidennya!

Rabu, 22 Juni 2022 18:42 WIB

Share
Tokoh yang difavoritkan dalam Pilres 2024 mendatang dari keiri, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. foto: instagram
Tokoh yang difavoritkan dalam Pilres 2024 mendatang dari keiri, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. foto: instagram

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Hasil jajak pendapat Litbang Kompas menunjukkan 26 Mei - 4 Juni 2022 menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berada di posisi teratas.

Untuk posisi tiga besar selain Prabowo juga ditempati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dari hasil jajak pendapat itu skor yang diperoleh Prabowo Subianto di posisi teratas dengan perolehan 25,3 persen.

Selanjutnya posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 22 persen dan Anies Baswedan diperingkat ketiga dengan elektabilitas 12,6 persen.

Mengutip Harian Kompas, peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan mengatakan nyaris tak ada pergerakan signifikan pada elektabilitas ketiga tokoh tersebut di atas.

Hasil survei ini menurut Bambang Setiawan tak jauh berbeda dengan hasil survei Litbang Kompas pada Januari 2022 lalu.

Kala itu Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas 26,5 persen dan Ganjar Pranowo sebesar 20,5 persen sementara Anies Baswedan memperoleh 14,2 persen.

Menurut Bambang ketika survei dilakukan pertanyaan tertutup dengan menyebut 25 nama, 10 nama, 5 nama dan 3 nama Capres makan elektabilitasnya berbeda.

Pada surveu tertutup dengan menyebut 25 nama, elektablitas Ganjar Pranowo mendapatkan 25,2 persen dan Prabowo memperoleh 24,9 persen.

Dan ketika survei tertutup dengan 10 nama, Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 26,6 persen dan Prabowo 25,2 persen.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler