PMI Kabupaten Bojonegoro Adakan Donor Darah Massal Di Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022

Selasa, 21 Juni 2022 19:53 WIB

Share
PMI Kabupaten Bojonegoro Adakan Donor Darah Massal Di Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022
(Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) tahun 2022 yang jatuh pada Bulan Juni 2022, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro menggelar donor darah massal, Selasa (21/6/2021).

Ketua PMI Bojonegoro Dr Hernowo mengatakan, kegiatan ini digelar di Markas Kantor PMI Jalan Sawunggaling Kecamatan Bojonegoro. Donor darah massal dalam rangka peringatan World Blood Donor Day (WBDD) ini, ujar dia, merupakan agenda rutin UDD PMI Bojonegoro.

(Foto: Istimewa)


Momentum itu dilakukan untuk menyerap pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Bojonegoro Dalam donor darah massal kali ini, PMI Kabupaten Bojonegoro mempunyai target 500  pendonor darah.

Dalam kegiatan donor darah massal itu, setiap pendonor harus lolos uji screening kesehatan, baik tensi darah, hemoglobin dan tidak terpapar Covid-19.

"Karena pandemi Covid-19, kami terapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama pada tahap screening untuk memastikan pendonor sehat dan aman dari covid," ujar Dr Hernowo.

Adanya up normal Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro menjadikan tantangan tersendiri bagi para petugas Unit Donor PMI Bojonegoro, selain permintaan darah yang tinggi juga permintaan Plasma Konvalesen bagi pasien Covid-19, juga resiko dan kerentanan petugas yang mudah terpapar.

Hal itu bisa terjadi jika ada pendonor yang berbohong saat wawancara. "Petugas kami sangat rentan terpapar karena langsung bersinggungan dengan orang banyak, jika ada calon pendonor yang berbohong dalam pengakuan screening itu yang berbahaya," jelasnya.(Arso)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar