Cara Mudah Mengetahui Oli Mesin Mobil Harus Diganti

Kamis, 16 Juni 2022 13:54 WIB

Share
Cara Mudah Mengetahui Oli Mesin Mobil Harus Diganti
Performa mobil ditunjang pelumas atau oli mesin/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Cara mengetahui oli harus diganti memang susah-susah gampang. Apalagi, saat mengetahuinya kita sedang disibukkan oleh berbagai hal, sehingga menggunakan aplikasi bengkel mobil untuk reservasi online menjadi solusinya. Banyak orang masih berpedoman dengan jarak tempuh.

Padahal hal ini tidak bisa dijadikan patokan pasti, karena bisa saja oli harus diganti karena kondisinya sudah tidak baik padahal belum melewati batas jarak tempuh.

Maka dari itu, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat saat ingin mengganti oli, jangan sampai Anda sembarangan dan membiarkannya begitu saja. Karena ketika Anda terlambat mengganti oli tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja mesin dan komponennya.

Mengingat peran oli sebagai pelumas yang berperan untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada komponen mesin. Ketika oli sudah tidak dalam keadaan baik namun tetap dipaksakan hal ini bisa berdampak buruk pada kondisi mesin maupun komponen lainnya.

Begini Cara Mengetahui Oli Harus Diganti

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa menjadi acuan untuk mengetahui kapan harus mengganti oli yang tepat. Hal ini harus benar-benar diperhatikan mengingat oli memang menjadi salah satu hal penting untuk menjaga performa mesin tetap dalam kondisi baik.

Apalagi oli ini juga bekerja untuk meratakan panas ke seluruh komponen mesin dan menjaga serta melumasi komponen mesin agar bekerja dengan baik. Makanya jika Anda ingin performa mesin tetap terjaga ada baiknya Anda harus rajin mengganti oli tepat waktu.

Meskipun kendaraan tersebut jarang dipakai ada baiknya jika Anda tetap mengganti oli secara rutin agar performa mesin tetap terjaga. Nah bagi Anda yang belum tahu cara mengetahui waktu yang tepat untuk ganti oli berikut beberapa ciri-ciri oli harus diganti.

Oli Menghitam dan Tekstur Encer

Cara mengetahui oli harus diganti yang pertama adalah dengan memperhatikan warna dan teksturnya, karena hal ini memang bisa menandakan kualitas oli. Biasanya oli dengan warna hitam dan tekstur lebih encer menandakan jika oli tersebut sudah waktunya diganti.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar