Toyota Starlet Terbaru Pakai Mesin Maruti Suzuki Segera Meluncur di Indonesia

Minggu, 29 Mei 2022 19:03 WIB

Share
Toyota Starlet Terbaru Pakai Mesin Maruti Suzuki Segera Meluncur di Indonesia
Starlet dengan mesin Suzuki/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Mobil Toyota Starlet hatchback pernah dijual di pasar Indonesia mulai tahun 1985 hingga akhirnya disuntik mati pada 1999 atau satu tahun setelah Gerakan Reformasi meletus di Indonesia.

Bagi penggemar Starlet, pasti tahu reputasi mobil ini punya mesin bandel, irit bensin dan harga spare part murah meriah.

Untuk varian Starlet SE Limited membawa mesin 1.3L dan cuma dijual tahun 1991.

Varian akhir mobil laris di Indonesia Starlet 1.3 SE masuk Gen 3 dan diproduksi antara tahun 1992 hingga 1997. Bagian pengapian sudah menggunakan CDI dan tidak lagi pakai platina.

Untuk Toyota Starlet SEG jadi kasta tertinggi dengan membawa fitur lebih modern. Sebut saja pengapian sudah CDI, jendela power window, power steering dan setirnya sudah tilt.

Ceruk pasar Starlet yang hilang di Indonesia kemudian digantikan oleh Toyota Yaris Gen 1 yang saat itu masih diimpor dari Thailand pada tahun 2006.

Yaris Gen 1 membawa mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC dan terdapat tiga trim varian, yakni Tipe E, Tipe S, dan Tipe S Limited.

Pengganti Starlet ini punya tenaga jauh lebih besar, yakni 107 hp dengan torsi 142 Nm. Fuel system pun sudah pakai EFI.

Bicara fitur Yaris Gen 1 juga sudah sangat modern, di antaranya terdapat Power Window pada semua pintu, engine Start/Stop Button (A/T tipe S),  Steering Wheel Audio Control (A/T tipe S), Electric Folding Mirrors, Dual Airbags, Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Yaris Gen 1 atau disebut juga Yaris bakpau cukup lama bertahan, terakhir dijual tahun 2013 hingga digantikan oleh Yaris Gen 2.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar