Jelang HUT Ke-57, Gubernur Lemhannas RI Beserta Rombongan Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Jumat, 13 Mei 2022 20:27 WIB

Share
Gubernur Lemhannas RI Dr. Andi Widjajanto M.Si, saat Ziarah Makam Bung Karno dan tabur bunga (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)
Gubernur Lemhannas RI Dr. Andi Widjajanto M.Si, saat Ziarah Makam Bung Karno dan tabur bunga (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Jelang HUT Ke-57 Lemhanas, Gubernur Lemhannas RI Dr. Andi Widjajanto M.Si melakukan ziarah dan tabur bunga ke Makam Bung Karno di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Jawa Timur pada Jumat (13/05) pukul 15.35 WIB.

Kegiatan  memperingati HUT ke-57 Lemhannas RI ini bertemakan "Transformasi Lemhannas RI Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0”.

Upacara penghormatan sebelum Gubernur Lemhannas RI Dr. Andi Widjajanto M.Si, melakukan Ziarah dan tabur bunga di Makam Bung Karno (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)


Seperti yang disampaikan Gubernur Lemhanas pada wartawan, Andi Widjayanto mengemukakan, bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial semata, namun sebagai bentuk penghormatan bagi Bung Karno sebagai sosok yang sangat berjasa dan penting bagi Lemhannas RI.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk usaha Lemhannas RI untuk merawat semangat, ide, dan pemikiran Bung Karno, utamanya dalam bidang ketahanan nasional sebagai entitas bangsa dan negara.

"Ziarah dan tabur bunga ke Makam Bung Karno merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Lemhannas RI, namun sempat terhenti selama pandemi Covid-19," kata Andi Widjayanto.

Masih ungkapan Andi Widjayanto, kenapa Makam Bung Karno, karena Bung Karno merupakan pencetus gagasan mengenai Pancasila, Tokoh Proklamator bersama Bung Hatta, Presiden Pertama Republik Indonesia, dan tokoh penting melalui gagasannya membentuk serta meresmikan Lemhannas RI yang digagas pada 20 Mei 1965 silam.

"Dengan membentuk Sekolah Geopolitik menuju negara yang kuat, Institusi yang berorientasi pada pencapaian tujuan nasional Indonesia, melalui bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategis, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini dibentuk oleh Bung Karno pada 20 Mei 1965," papar Andi Widjayanto.

Selain itu Andi menambahkan, salah satu urgensi nasional dalam menyelamatkan serta melestarikan cita-cita proklamasi kemerdekaan, tujuan Bangsa Indonesia, dan terjaminnya kelangsungan hidup bangsa Indonesia akibat dinamika geopolitik yang terjadi, maka saat itu lah membentuk Lemhannas RI.

Pada saat pembentukan Lemhannas RI, Bung Karno selaku Presiden Pertama RI memberikan pidato tentang Geopolitik pada kuliah pertamanya. Hal inilah yang membuat Lemhannas RI sering disebut sebagai sekolah yang mempelajari geopolitik dan pertimbangan HUT ke-57 Lemhannas RI mengangkat tema Geopolitik 5.0.

Tema ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo usai melantik Gubernur Lemhannas RI bulan Februari 2022 lalu.

Walikota Blitar Santoso saat menyematkan Pin Emas Gambar Bung Karno untuk Gubernur Lemhannas RI Dr. Andi Widjajanto M.Si (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)


Gubernur Lemhanas yang baru menjabat pada Pebruari 2022 lalu ini melakukan ziarah dan tabur bunga bersama jajaran pimpinan Lemhannas RI yakni, Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komisaris Jenderal Polisi Drs. Purwadi Arianto, M.Si, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayor Jenderal TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Laksamana Muda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., dan Para Pejabat Struktural Lemhannas RI.

Juga dalam kesempatan ini hadir pula Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Teten Masduki, Anggota DPR RI Hasto Kristiyanto, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Bapak Makmur Keliat, dan Bapak Iis Gindarsah.

Saat sesi foto bersama di depan Makam Bung Karno (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)


Sebelum acara tabur bunga dilakukan upacara penghormatan pada Proklamator, usai tabur bunga Wali Kota Blitar secara simbolis menyelamatkan Pin Kuning Emas Gambar Bung Karno ke dada kiri Gubernur Lemhanas dipelataran Makam BK dilanjut pemasangan Pin kepada peserta rombongan, dan dilanjut kunjungi Candi Penataran. (Ari)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler