Antisipasi PMK, Polres Blitar Kota Langsung Lakukan Cek Pasar Hewan di Wilkumnya

Rabu, 11 Mei 2022 21:00 WIB

Share
Situasi saat petugas gabungan lakukan cek antisipasi PMK. (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)
Situasi saat petugas gabungan lakukan cek antisipasi PMK. (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Merebaknya kasus penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan Sapi di beberapa kota, membuat khawatir banyak pihak, karena daging sapi merupakan komoditas 9 bahan pokok yang ada di Indonesia.

Untuk itu Polres Blitar Kota bergerak cepat antisipasi, melalui Satgas pangan ikut memantau perdagangan sapi untuk mengantisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak di wilayah hukumnya.

Situasi saat petugas gabungan lakukan cek antisipasi PMK (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)


Satgas Pangan Polres Blitar Kota bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar mengecek kesehatan Sapi di Pasar Hewan Desa Cangkring, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar pada Rabu (11/5/2022) siang.

Menurut Kasi Humas Polres Blitar Kota, Iptu Achmad Rochan SH yang mengikuti giat tersebut mengatakan, dari hasil pengecekan, petugas di lapangan (pasar hewan) tidak menemukan sapi yang memiliki gejala-gejala terkena penyakit mulut dan kuku di Pasar Cangkring Ponggok Kabupaten Blitar.

Tetapi masih menurut Iptu Rochan menjelaskan bahwa, petugas gabungan tetap memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak dengan memberikan ciri-ciri hewan yang terkena virus PMK, kepada pelaku jual beli di Pasar Hewan Cangkring tak ketinggalan juga mensosialisasikan ke masarakat luas.

"Hari ini, Satgas Pangan Polres Blitar Kota dari Satuan Reskrim  bersama Dinas Peternakan Kabupaten Blitar mengecek kesehatan sapi di Pasar Hewan di Desa Cangkring Ponggok. Allhamdulillah hasilnya tidak ditemukan yang memiliki gejala penyakit mulut dan kuku apa lagi terjangkit virus PMK," kata  Iptu Rochan yang gemar Sepak bola ini pada wartawan.

Untuk diketahui pengecekan sapi yang diperdagangkan di Pasar Hewan Cangkring, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai langkah mitigasi apabila ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

"Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan sekaligus mitigasi bila ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Kami segera melakukan penanganan dan melibatkan instansi terkait," pungkas Iptu Rochan. (Ari)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar