Disambati Nelayan Soal Sertifikat, Presiden Langsung Telepon Menteri ATR/BPN

Rabu, 20 April 2022 22:21 WIB

Share
Presiden Jokowi saat dialog dengan nelayan Gresik. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat dialog dengan nelayan Gresik. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kampung Nelayan Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik, Rabu (20/4).

Presiden datang bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tersebut disambut oleh Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, Sekda Gresik dan juga jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik.

Presiden datang untuk melihat langsung aktivitas dan hasil tangkapan para nelayan, sekaligus berdialog untuk mendengarkan aspirasi para perwakilan kelompok nelayan tersebut.

“Tadi yang pertama saya menemui nelayan untuk melihat lebih detail mengenai hasil hariannya, ada kesulitan apa, sama di sini kesulitan dalam mendapatkan solar. Meskipun ada, tetapi memang agak sulit, sehingga tadi sudah diselesaikan  Pak Menteri Erick, Pak Menteri KKP untuk dibuatkan SPBU kecil khusus untuk para nelayan yang dimiliki nanti, Pak Bupati tadi sampaikan, BUMD,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Selain itu, para nelayan juga menyampaikan soal pendangkalan di wilayah mereka. Mendengar itu, Presiden memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikannya.

Kepada Presiden, nelayan mengeluhkan  terkait sertifikat tanah miliknya  yang berada di kampung sekitar pantai.

Menanggapi keluhan itu, Presiden Jokowi langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

“Tadi saya telepon langsung ke Menteri BPN, bisa, ini akan kita selesaikan. Itu saja tadi yang disampaikan dan kita selesaikan,” tandasnya.

Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani bersyukur sebab Kabupaten Gresik menjadi atensi pemerintah pusat terkait dengan program yang memiliki dampak positif bagi masyarakat.

"Alhamdulillah kami sangat bangga dengan atensi Bapak Presiden RI Joko Widodo yang sudi dan memberikan perhatian bagi masyarakat Kabupaten Gresik. Semoga aspirasi para nelayan tadi didengar Bapak Presiden, dan segera mendapat tindak lanjut dari berbagai pihak terkait," ujar Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik. (san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler