Dinas Koperasi Provinsi Jatim Gelar Bazaar K-UKM Ramadan Sale selama tiga hari

Senin, 18 April 2022 23:54 WIB

Share
Kepala Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur Andromeda (tengah) dan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sjaichul Ghulam (kanan) saat membuka Bazar UMKM Ramadan. (Foto/Dok: Arso Poskota Jatim)
Kepala Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur Andromeda (tengah) dan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sjaichul Ghulam (kanan) saat membuka Bazar UMKM Ramadan. (Foto/Dok: Arso Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Menyambut Hari Kartini pada 21 April mendatang, Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur menggelar Bazar UMKM Ramadan dan pasar sembako murah untuk masyarakat. Kegiatan digelar di depan Gedung Dinas Koperasi & UMKM Jatim selama tiga hari ke depan.

“Nah selain menyambut hari Kartini kita melakukan ini karena kita melihat di setiap menjelang Idul Fitri selalu terjadi kenaikan konsumsi masyarakat, tidak hanya sembako tetapi juga fashion dan produk lainnya,” ujar Andromeda, Senin (18/4/2022).

Bazar dibuka langsung Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sjaichul Ghulam. Pihaknya juga akan juga menyediakan sedikitnya 500 takjil gratis untuk masyarakat.

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sjaichul Ghulam dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah saat kunjungi Bazar UMKN Ramadan (Foto/Dok: Arso Poskota Jatim)


Sementara itu Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sjaichul Ghulam dalam membaca sambutan, mewakili Gubernur Jatim yang berhalangan hadir menyampaikan, Bazar UMKM Ramadhan yang diselenggarakan ini merupakan moment yang tepat, karena selain giat ini untuk menyambut Hari Kartini, juga untuk menyemarakkan Ramadhan serta menyambut Idul Fitri.

Dimana sudah menjadi suatu tradisi setiap Ramadhan dan Idul Fitri terjadi peningkatan konsumsi masyarakat khususnya untuk produk-produk makanan, minuman, kriya dan fashion.

Merespon peningkatan kebutuhan dan konsumsi masyarakat tersebut, maka dalam upaya untuk menggeliatkan perekonomian Jawa Timur pasca pandemi Covid-19 sangatlah tepat diselenggarakan Bazar K-UMKM Ramadhan 2022, dengan melibatkan partisipasi dan kolaborasi berbagai pihak yang sinergis antar institusi yang di dukung dengan E-commerce.

Koperasi dan UMKM mempunyai peran strategis dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. K-UMKM menjadi tulang punggung (backbone) ekonomi Jawa Timur dengan kontribusi terhadap PDRB Jawa Timur sebesar 57,81 persen atau setara dengan Rp1.418,94 Trilyun. Naik sebesar 0,56 persen dibandingkan Tahun 2020.

Meningkatkannya kontribusi K-UMKM terhadap perekonomian Jawa Timur ini menunjukkan keberhasilan Jatim dalam mewujudkan inklusivitas ekonomi.
“Recover Together, Recover Stronger”, Merupakan tema presidensi G20 Indonesia 2022. Tema tersebut bisa dimaknai untuk mengajak seluruh dunia bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan sehingga tidak menimbulkan gab yang lebih besar antara negara maju dengan negara berkembang.

Oleh karena itu, pada Bazar K-UMKM Ramadhan 2022 ini, berbagai macam jenis produk dihadirkan untuk menjembatani penyediaan kebutuhan masyarakat. Momentum ini juga sebagai media untuk menunjukkan potensi dan keragaman hasil budidaya dan olahan hasil pertanian, perikanan/kelautan, perkebunan, peternakan, kehutanan dan kerajinan di Jawa Timur kepada masyarakat luas.

Dengan kehadiran lembaga keuangan (OJK fan Perbankan) serta Start Up berbasis teknologi (Tokopedia dan Gojek), merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya UMKM, agar dapat meningkatkan literasinya dalam hal keuangan dan pemanfaatan teknologi digital sebagai ”BOOSTER” pemasaran dan aktivitas bisnis lainnya.

Melalui gelaran acara, sebanyak 36 stand UMKM yang terdiri dari OPD Provinsi, Bank Jatim, Bank UMKM, BNI, Sampoerna serta komunitas ritel di Jatim, turut serta memeriahkan acara.

“Sembako murah kami adakan disini karena kita tahu bahwa kondisi sembako mengalami peningkatan. Kami menyediakan untuk masyarakat sekitar perhari 100 paket dari harga Rp110 ribu menjadi Rp75 ribu saja,” tutupnya. (Arso)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler