Rudal Tochka-U Tewaskan 50, 98 Luka di Kramatorsk, Ini Meluncurkan

Sabtu, 9 April 2022 10:17 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Stasiun kereta api Kramatorsk di Ukraina timur terkena serangan rudal, kepala perusahaan kereta api negara Ukraina, Oleksandr Kamyshin melaporkan pada hari Jumat, 8 April

Akibat serangan itu, 50 orang tewas, 5 di antaranya adalah anak-anak, dan 98 orang dirawat di rumah sakit, termasuk 16 anak-anak.

Rumah sakit di Kramatorsk dikabarkan tidak dapat menampung jumlah orang yang terluka, Walikota Kramatorsk Oleksandr Honcharenko melaporkan.  “Banyak orang terluka parah, kehilangan tangan dan kaki.  30-40 ahli bedah mengoperasi mereka sekaligus, ”kata walikota, lihat video di Instagram.

Menurut polisi Ukraina, rudal itu mengenai ruang tunggu sementara stasiun.  Bagian dari rudal itu ditemukan 40 meter (sekitar 130 kaki) dari titik tumbukan, yang merupakan indikasi betapa kuatnya itu, kata Honcharenko.

Ketika rudal menghantam, ada sekitar 4.000 orang yang menunggu untuk dievakuasi, karena pihak berwenang Ukraina meminta warga sipil untuk meninggalkan Donetsk, untuk menuju kota yang lebih aman, untuk mengantisipasi serangan Rusia, nasib justru berkata lain.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang mengomentari serangan rudal di kemudian hari, mengatakan bahwa rudal Tochka-U telah digunakan. Bagian dari rudal itu tertulis kata-kata "Untuk anak-anak," yang diutarakan dalam bahasa Rusia yang artinya pembalasan.

Namun markas besar pertahanan teritorial Republik Rakyat Donetsk (DNR) yang pro Rusia, melaporkan bahwa rudal yang digunakan dalam serangan itu adalah rudal Tochka-U, dan mereka mengklaim bahwa serangan itu dilakukan oleh pasukan Ukraina sendiri.

Kementerian Pertahanan Rusia juga membantah, ia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "angkatan bersenjata Rusia tidak memiliki misi penembakan pada 8 April di kota Kramatorsk, bagkan tidak ada yang direncanakan," dan bahwa serangan di Kramatorsk diluncurkan "oleh divisi rudal Ukraina. angkatan bersenjata dari pemukiman Dobropillia, 45 kilometer (28 mil) barat daya kota. ”

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler